Sukses

Penis Bengkok & Sperma Encer

24 Dec 2014, 23:25 WIB
Pria, 20 tahun.

assalamualaikum wr. wb. maaf dok, saya mau tanya,,, penis saya kecil, kalau ereksi penis saya agak bengkok. terus setelah periksa sperma saya agak encer,, bagaimana ini dok,, saya takut,, bagaimana solusinya? saya takut dok...

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyebab paling sering bengkoknya penis adalah Peyronie's Disease, yaitu sebuah keadaan terbentuknya lapisan jaringan fibrosa parut (plak) yang keras di bawah kulit pada bagian atas atau bawah penis. Ketika penis mengalami ereksi, jaringan parut tersebut menarik bagian penis tersebut sehingga terbentuk penis yang bengkok. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri saat ereksi. Pada pemeriksaan fisik dapat dirasakan adanya plak yang keras di bawah kulit sisi yang bengkok. Trauma dan beberapa obat-obatan tertentu ditengarai sebagai latar belakang terjadinya kondisi ini, kendati tidak sedikit pula faktor penyebab lain yang belum diketahui.

Faktor risiko keadaan ini adalah genetik (keturunan) atau keadaan lain yang serupa (jaringan yang mengeras sehingga menyebabkan bengkok) pada tangan atau kaki (kontraktur Dupuytren). Penyebab lain adalah striktur pada uretra (riwayat trauma saluran kemih) atau hipospadia.

Pada umumnya keadaan ini dapat membaik dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Pemilihan tatalaksana berupa obat atau tindakan operasi sangat bergantung pada faktor penyebab terjadinya kebengkokkan pada penis. Biasanya Dokter akan mengamati dulu perkembangan keadaan ini selama beberapa bulan sebelum memutuskan pilihan terapi, karena beberapa tindakan (operasi maupun bukan operasi) dapat meningkatkan risiko terjadinya disfungsi ereksi. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Urologi untuk dilakukan pemeriksaan lengkap, baik fisik maupun penunjang seperti ultrasonografi penis untuk melihat struktur jaringan penis.

Berikut beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda:

 

Sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan jika sperma encer, hal tersebut bukan berarti sperma Anda tidak baik. Cairan sperma atau semen normal pada umumnya bewarna putih keabu-abuan. Warna dan konsistensi cairan ini sangat bervariasi. Faktor usia, makanan dan frekuensi ejakulasi merupakan beberapa faktor yang sangat berperan. Pada awal ejakulasi cairan semen tampak kental dan lengket, kekentalan ini akan berangsur-angsur menurun dan mencair dalam waktu 20 hingga 30 menit.

Faktanya adalah kekentalan cairan sperma tidak berhubungan dengan kualitas sperma yang terkandung di dalamnya. Kualitas dan kuantitas sperma hanya bisa ditelaah melalui pemeriksaan sperma analisis yang dilakukan oleh Dokter Spesialis Andrologi.

Faktor lain yang berperan dalam penentuan kualitas sperma adalah asupan nutrisi, stres, obesitas, obat-obatan yang dikonsumsi, paparan rokok dan asap rokok serta konsumsi pestisida atau oksidan lain dalam makanan.

Berikut beberapa artikel yang dapat menambah pengetahuan Anda:

Tips Sperma Sehat 

Makin Gemuk, Sperma Makin Sedikit

Bahayakah Jika Sperma Tertelan

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar