Sukses

Mata Perih & Gatal

24 Dec 2014, 23:08 WIB
Pria, 22 tahun.

siang dok.. saya mau tanya? mata saya sudah 2bln ini terasa perih,gatal,dan pegal.bahkan sering memerah waktu gatal..saya bekerja diperusahaan textil tepatnya dibagian chemical.mungkinkah alergi dgn chemical atau bagaimana dok?pdhl saya ketika bekerja selalu memakai APD yg lengkap dan rapat. bagaimana cara mengobati mata saya ini dok? terimakasih atas solusinya.

Terimakasih telah mempercayakan masalah anda pada klikdokter.

Kami mengerti keluhan ini pasti membuat Anda merasa sangat tidak nyaman. Namun banyak hal yang bisa menyebabkan mata terasa perih, gatal dan terasa pegal. Idealnya diperlukan evaluasi lebih lanjut, termasuk pemeriksaan fisis langsung pada mata Anda untuk memastikan penyebabnya.

Sayang informasi yang Anda berikan masih terbatas, namun bila ditanya mengenai kemungkinannya, kami menduga mata Anda mengalami peradangan pada konjungtiva (konjungtivitis). Berdasarkan penyebabnya, konjungtivitis terbagi menjadi empat:

1. Konjungtivitis alergik
2. Konjuntivitis bakterial
3. Konjungtivitis viral
4. Konjuntivitis kimia

 

Jika reaksi ini berhubungan dengan alergi, keluhan ini tentu akan muncul di awal Anda bekerja di bagian tersebut. Namun untuk dapat memastikannya memang harus dilakukan pemeriksaan secara langsung.  

Pemilihan terapi yang sesuai bergantung pada penyebab keluhannya dan harus dilakukan dalam pengawasan dokter yang kompeten. Yang dapat Anda lakukan adalah memperhatikan kebersihan mata anda:

- Jangan menyentuh apalagi menggosok mata dengan kedua tangan anda
- Cuci tangan yang bersih secara berkala
- Cuci handuk anda setiap hari, dan jangan memakainya bersama orang lain
- Hindari penggunaan kosmetik mata, terutama maskara
- Bila Anda pemakai lensa kontak, hindari penggunaannya sementara waktu
- Beri kompres hangat pada mata yang terkena

Saran kami sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis mata untuk konsultasi lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat membantu. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar