Sukses

Mengkonsumsi Asam Folat Berlebih

22 Jun 2015, 10:37 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat sore dok, saya wanita yang sedang hamil usia kandungan 14 minggu, setiap periksa kandungan saya selalu diberikan vitamin folid acid 400mcg dari dokter kandungan saya, yang saya tau folid acid itu nama lain dari asam folat sedangkan saya selalu mengkonsumsi susu hamil tinggi asam folat 2 gelas perhari. Yang saya mau tanyakan apakah mengkonsumsi asam folat berlebih dapat berpengaruh ke janin? Kalau berpengaruh apakah saya harus berhenti mengkonsumsi vitamin dari dr atau susu?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sudahkah anda memberitahu dokter anda mengenai susu yang anda konsumsi? Jika belum sebaiknya anda berdiksusi lebih lanjut dengan dokter anda, karena memang sebaiknya semua produk susu atau suplemen dan vitamin kehamilan harus ada dalam pengawasan dokter.

Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil. Jenis vitamin B ini sangat bermanfaat untuk pembentukan tabung saraf yang akan berkembang menjadi otak dan tulang belakang bayi. Kekurangan asam folat, terutama selama kehamilan trimester pertama dapat menyebabkan bayi mengalami suatu keadaan yang disebut neural tube defect (NTD), dimana otak dan/atau tulang belakang bayi tidak dapat terbentuk secara sempurna.

Dosis asam folat yang dianjurkan minimal 400 mikrogram/hari pada perempuan yang tidak hamil, sedangkan ibu hamil memerlukan minimal sekitar 600 mikrogram/hari (50% lebih banyak dibandingkan perempuan yang tidak hamil). Dosis ini dapat ditambah menjadi 800 mikrogram/hari hingga 5 mg/hari sesuai pertimbangan dokter. Jadi Anda tidak perlu merasa khawatir. karena tidak masalah apabila Anda mengonsumsi 800 mikrogram asam folat setiap harinya, selama dilakukan dalam pengawasan dokter yang kompeten.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar