Sukses

Penyebab Bengkak Di Kedua Kaki

22 Jun 2015, 11:06 WIB
Pria, 78 tahun.

Selamat pagi dokter. Nama Saya Murni. Saya mohon bantuan dan advice dokter tentang keadaan orang tua saya (papa) yg menderita bengkak di kedua kakinya. Bengkak tsb sudah sekitar 1 bln. Tapi kelihatannya tidak berubah. Tetap membengkak. Usia papa saya 78 thn. Masih bisa jalan tapi lambat dan pincang serta kelihatan dipaksakan. Mohon saran, ke dokter spesialis mana saya perlu bawa orang tua saya ? Kira kira apa yg menyebabkan pembengkakan di kaki papa saya ? Terima kasih dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi di klikdokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami perlu menanyakan beberapa hal terkait. apakah bengkak terjadi pada seluruh kaki atau hanya pada bagian tertentu? apakah ayah pernah mengalami trauma pada daerah kaki? apakah anda memiliki riwayat penyakit tertentu seperti penyakit jantung, ginjal, hati atau penyakit lain?

Bengkak pada kaki dapat disebabkan oleh berbagai hal dan tidak spesifik menunjukkan suatu penyakit tertentu. Bengkak pada kedua kaki dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya penumpukan cairan akibat rendahnya protein darah, penurunan fungsi pompa jantung, sumbatan pembuluh darah atau pembuluh getah bening, penyakit hati dan ginjal, posisi tungkai terlalu lama menggantung, benturan atau peradangan dan lain sebagainya

Sedangkan bengkak pada satu kaki bisa bermacam-macam pula sebabnya, mulai dari trauma (terbentur), terkena infeksi, kanker atau tumor, tergigit binatang,  karena DVT(Deep Vein Thrombosis) atau limfedema (kelainan jaringan getah bening). 

Untuk mendapat pengobatan yang tepat, perlu diketahui diagnosis pasti penyakit ayah Anda terlebih dahulu. Untuk itu kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh mulai dari wawancara medis lengkap, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk mendiagnosis penyakit ayah Anda. Mungkin diperlukan beberapa pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan urin dan lain sebagainya untuk membantu menegakkan diagnosis pasti penyebab keluhan ayah Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar