Sukses

Benjolan Kecil Dibawah Dagu

22 Jun 2015, 11:17 WIB
Pria, 22 tahun.

DOK,saya laki-laki usia 22 tahun.saya mengalami benjolan kecil dibawah dagu sebelah kiri saya sejak usia 18 tahun.Tapi tidak terasa sakit,setiap kali saya makan makanan tidak sehat benjolan makin membesar.sedangkan kalau makan makanan sehat,nanti benjolan mengecil lagi.Tapi ukuran benjolan sama sejak 4 tahun lalu.apakah ini gejala tumor atau kanker?bagaimana pengobatannya?terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk mendiagnosis benjolan yang Anda maksud, diperlukan pemeriksaan fisik dan dilihat langsung. Apakah benjolan membesar dan mengecil? Bagaimana kepadatannya? Berapa ukurannya?

Beberapa jenis benjolan yang sering muncul pada area tersebut antara lain jerawat, yang cenderung kecil dalam ukuran, kadang nyeri dan disertai dengan kemerahan. Jerawat dapat disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori wajah dan juga infeksi. Sedangkan pembesaran kelenjar getah bening umumnya berlokasi di bawah dagu (area leher) cenderung lebih besar dalam ukuran, biasanya nyeri bila dipegang, dapat disertai kemerahan juga. Pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher, belakang telinga yang seringkali disebabkan oleh infeksi atau radang. Jika infeksi di sekitar daerah leher sudah teratasi maka pembesaran kelenjar getah bening biasanya juga ikut mengempis. Kelenjar getah bening memang terdiri dari sel-sel imunitas yang melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang, sehingga bila terjadi infeksi maka kelenjar getah bening cenderung membesar.

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter terdekat agar dapat dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan untuk mendiagnosis benjolan tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar