Sukses

Apakah Kesurupan?

22 Dec 2014, 10:03 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya rini usia saya 21 th.. Saya ingin menanyakan apakah trauma dan depresi itu mempengaruhi psikologi seseorang , maksuf saya apakah dampaknya berlanjut cukup lama,, saya akhir akhir ini mengalami kejadian kesurupan yang amat sering.. Ketika saya mengingat sesuatu yang menyedihkan, atau tiba- tiba ada yang membuat saya marah.. Saya langsung kesurupan.. Apakah kesurupan ada hubungannya dengan penyakit BIPOLAR ??

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Dalam dunia medis, istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan kesurupan adalah gangguan konversi. Hal ini bukanlah disebabkan karena kemasukan jin.

Jadi, apa itu kesurupan dari sisi medis?

Gangguan konversi melibatkan gejala neurologis berupa gangguan motorik dan sensorik. Seorang dapat mengeluh adanya gerakan otot yang tidak dapat dikontrol atau gangguan sensorik. Namun, yang membedakan dengan penyakit lain dengan gejala yang sama, pada gangguan konversi tidak ditemukan gangguan organ yang dapat menyebabkan gejala konversi.

Gangguan konversi diduga berhubungan dengan trauma psikis dan bermanifestasi pada gangguan fisik. Trauma psikis dapat dialami penderita gangguan konversi beberapa saat sebelum serangan sampai bertahun-tahun sebelum gejala konversi muncul. Gangguan konversi umumnya menyerang wanita dengan perbandingan wanita dan pria, 2-10 banding 1. Gangguan konversi umumnya menyerang pada usia 20 sampai 40 tahun.

Gejala gangguan konversi cukup bervariasi.

Gangguan yang dapat dialami oleh pasien dapat berupa:

  • rasa kebal,
  • dementia,
  • gangguan menelan,
  • buta,  
  • dan tik motorik.

Pada keadaan tertentu, seorang pasien dapat mengalami gangguan kejang atau menyerang anggota keluarga. Gejala gangguan konversi tidak dibuat-buat atau disengaja oleh pasien. Apabila Anda mengalami hal ini kami sarankan Anda melakukan konsultasi ke dokter specialis psikiatri. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar