Sukses

Bayi Batuk

22 Dec 2014, 09:51 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, bayiku yg ber umur 3 bulan batuk berdahak. Kasian setiap hari batuk2 dan slalu di telan lagi dahaknya. Pernah satu kali dahaknya ada di ujung bibir warna nya kuning kaya hingusnya. Baiknya gmn ya? Apa aman kalo di beri obat?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Untuk mengetahui apakah penyebab batuk dari anak Anda haruslah terlebih dahulu dilakukan anamnesis lengkap, pemeriksaan fisik, dan kalau perlu pemeriksaan penunjang. Batuk merupakan fenomena yang normal karena batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan pernapasan yang dapat mencegah aspirasi makanan padat, cair, dan berbagai benda asing lain (aspirasi = terhirup ke paru-paru). Batuk sendiri merupakan mekanisme untuk mengeluarkan lendir berlebih yang diproduksi oleh saluran pernapasan terutama apabila saluran pernapasan sedang meradang.

Batuk pada anak memang banyak penyebabnya, dari infeksi, alergi, asma, iritasi, dan banyak hal lainnya. Kalau dahak atau hingus tertelan maka tidak perlu dikhawatrikan namun memang kalau dahaknya sangat banyak sebaiknya dilakukan terapi terutama apabila dahak tersebut berwarna kuning atau hijau. 

Oleh karena itu kami sarankan agar Anda mengkonsultasikan anak Anda ke dokter spesialis anak agar anak Anda dapat dilakukan pemeriksaan. Untuk sementara coba hangatkan bayi dan berikan ASI secukupnya.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar