Sukses

Apakah Hipertensi Dapat Sembuh?

22 Dec 2014, 09:48 WIB
Pria, 44 tahun.

setahu saya. hipertesi tidak dapat diobati, obat hipertensi hanya membantu mengendalikan tekanan darah menjadi normal untuk 24 jam saja. apakah penderita hipertensi DAPAT MENGHENTIKAN KETERGANTUNGAN OBAT HIPERTENSI ?, BILA DI HENTIKAN, APAKAH TEKANAN DRAH DAPAT MENINGKAT KEMBALI YANG DAPAT MENYEBABKAN STROKE ?, APAKAH OBAT TERSEBUT HARUS DIMINUM SEUMUR HIDUP ?, MOHON PENJELASANNYA DOK. TERIMA KASIH SEBELUMNYA........ enali, Apakah Anda Menderita Hipertensi? | -gayahidup- | Tempo.co Hipertensi dapat menyebakan kerusakan tubuh dan penyakit jantung tempo.co

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Hipertensi memang dapat diturunkan (herediter). Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi (hipertensi) jika dalam 3 kali pengukuran tekanan darah berturut-turut di waktu yang berbeda menunjukkan hasil tekanan sistole (angka yang pertama) ≥ 140 mmHg atau tekanan diastole (angka yang kedua) ≥ 90 mmHg. Hasil tekanan darah yang tinggi hanya dengan satu kali pemeriksaan belum dapat didiagnosis menderita tekanan darah tinggi karena hasil tekanan darah dapat meningkat saat seseorang dalam kondisi stres atau setelah beraktivitas, dan lain sebagainya. Bagaimanakah dengan Anda?

Pada tahap awal, terapi darah tinggi dapat dilakukan dengan melakukan perubahan gaya hidup, seperti :

  • Olahraga teratur, dengan frekuensi 3x/minggu dan durasi minimal 30 menit. Jenis olahraga yang dapat dipilih adalah jalan kaki, jogging atau berenang

  • Kurangi berat badan

  • Kurangi asupan garam

  • Kurangi mengkonsumsi makanan yang digoreng

  • Perbanyak asupan makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran

  • Berhenti merokok dan hindari konsumsi alkohol

Jika dengan melakukan perubahan gaya hidup tersebut tekanan darah Anda tetap tinggi, maka diperlukan terapi dengan obat-obatan. Perlu diketahui bahwa hiipertensi yang tidak diterapi dapat menyebabkan berbagai komplikasi berupa gangguan jantung, pembuluh darah, gangguan ginjal, merusak kerja mata, menimbulkan kelainan atau gangguan kerja otak, hingga stroke. Tekanan darah yang tinggi dapat mengakibatkan rasa pusing atau sakit kepala dan sekitar leher.

Apakah obat hipertensi harus diminum setiap hari? Ya, obat tersebut harus dikonsumsi setiap hari karena dengan Anda menderita hipertensi pada awalnya berarti di dalam sistem pembluh darah Anda sudah terjadi kelainan yang menyebabkan apabila Anda tidak mengkonsumsi obat maka tekanan darah dapat naik. Dan memang ya, penyakit hipertensi bisa dikontrol namun tidak dapat disembuhkan. 

Apakah obat tersebut dapat merusak fungsi ginjal? Hipertensi yang tidak diobati justru dapat menyebabkan kerusakan ginjal, penyakit jantung, kebutaan, dan lain-lain. Maka dari itu penting sekali untuk meminum obat anti-hipertensi setiap hari untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut. Intinya, obat hipertensi tidak merusak ginjal tetapi justru mencegah terjadinya komplikasi pada berbagai organ tubuh akibat hipertensi. Untuk memicu timbulnya stroke, pada keadaan hipertensi memang ada resiko untuk munculnya stroke (terutama pendarahan) apabila tekanan darah tidak terkontrol dan tinggi. 

Kami sarankan Anda konsultasi secara langsung ke Dokter untuk dapat dipantau tekanan darahnya dan diberikan tata laksana yang sesuai dengan kondisi terkini.

Untuk informasi Anda juga, kami sertakan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar