Sukses

Bagaimana Bila Lupa Kb 2 Hari?

21 Dec 2014, 22:41 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya mau tanya, saya telat kb 2hr bersamaan itu saya baru selesai menstruasi, lalu malamnya saya berhub intim, apa saya bisa hamil dok? Sedangkan saya test pack selang 1hr berikutnya hasilnya negatif, seandainya klo saya kb apa bisa dok? Trimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kegelisahan yang Anda rasakan. Sebelumnya kami perlu mengetahui jenis KB yang Anda maksud? Apakah KB Pil Hormonal? Pil kombinasi atau minipil?

Dengan menggunakan Kontrasepsi pil, kesuburan cepat kembali ketika penggunaan pil dihentikan. Karena alasan itu, angka kegagalan KB pil menjadi tinggi akibat pengguna lupa dalam meminum pil secara rutin.

Jika Anda menggunakan pil Kombinasi dan lupa minum pil selama 2 hari atau lebih, sebaiknya minum 2 pil setiap hari sampai sesuai jadwal yang ditetapkan. Juga sebaiknya gunakan metode KB yang lain (kondom, coitus interuptus) atau tidak melakukan hubungan seksual sampai telah habis paket pil tersebut.

Jika Anda menggunakan minipil, minumlah segera 2 pil yang terlupa tersebut sesegera Anda ingat, dan gunakan metode pelindung (kondom, diafragma, spermicida) sampai akhir bulan. Dan walaupun Anda belum haid, minumlah paket baru sehari setelah paket terakhir habis. 

Bila biasanya haid Anda teratur setiap bulan dan kemudian kehilangan 1 siklus (tidak haid), atau bila merasa hamil, segeralah memeriksakan diri kepada dokter atau petugas medis yang biasa Anda kunjungi untuk dilakukan tes kehamilan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar