Sukses

Telinga Berbau dan Benjolan di Tangan

12 Mar 2015, 16:28 WIB
Wanita, 1 tahun.

Dol sy ingin tanya kenapa ya telinga ank saya sbelah kanan gatal dan berbau.dan itu hanya sebelah kanan saja.pdahal setiap hari sy membersihkan telinganya dan tidak ad kotoran.kena ya dok kira"? Dan juga dy punya benjolan di pergelangan tangannya smkn lm agak mmbesar.apa itu bahaya dok? Terimakasih sebelumnya

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bau dari telinga dapat disebabkan oleh adanya benda asing masuk ke dalam telinga (mainan, makanan, serangga) yang membusuk dan memberikan bau yang tidak sedap. Dalam kondisi ini bawalah anak Anda ke dokter THT agar telinga dapat ditampakkan dengan peralatan yang memadai.

Atau adakah riwayat keluar cairan dari telinga? Bila Ya, kemungkinan anak Anda mengalami OMSK. OMSK (Otitis Media Supuratif Kronik) adalah  infeksi kronik di telinga tengah dengan robeknya gendang telinga dan cairan yang keluar dari telinga tengah terus-menerus atau hilang timbul. Cairan dapat encer atau kental, bening atau berupa nanah. 

Penyakit ini perlu segera ditangani dengan adekuat. Untuk pengobatannya perlu dilakukan pencucian telinga dan diberikan obat tetes telinga dan antibiotik minum. Sumber infeksi yang menyebabkan terjadinya OMSK harus terlebih dahulu ditangani dengan baik. Setelah cairan/sekret kering baru kemudian dapat dilakukan operasi miringoplasti atau timpanoplasti. Operasi ini bertujuan untuk mengehentikan infeksi secara permanen, memperbaiki membran timpani (gendang telinga) yang pecah, memperbaiki pendengaran dan mencegah terjadinya kerusakan pendengaran yang lebih berat.  Untuk kerusakan gendang telinga yang lebih ringan biasanya dikerjakan miringoplasti yang hanya memperbaiki gendang telinga saja. Sedangkan untuk kerusakan yang lebih berat perlu dilakukan operasi timpanoplasti yang juga dilakukan pada tulang-tulang pendengaran, dan tidak jarang perlu dilakukan beberapa tahap operasi.

Mengenai benjolan di tangan, sayang sekali informasi yang Anda berikan kurang lengkap. Dimanakah letak spesifik benjolan tersebut? Bagaimana gambaran permukaan, warna, serta besarnya? Apakah benjolan tersebut semakin lama semakin membesar? Sulit untuk mendiagnosis benjolan tersebut tanpa melihat langsung dan merabanya. Sudah berapa lama benjolan tersebut ada? Benjolan di kulit dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi bakteri, pembesaran kelenjar getah bening, lipoma (tumor jinak kulit) neurofibroma, ganglion, dan lainnya. 

Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang jelas dan kemungkinan tatalaksana yang ada.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar