Sukses

Menghilangkan Daki

11 Mar 2015, 18:02 WIB
Wanita, 16 tahun.

Di bagian sekitar leher saya mengalami kegalepan dok. Seperti noda2 hitam /daki yg tak bisa di hilng kn . Saya sudah berusaha menghilangkan nya dgn lulur digosok gosok . Tpi tetap tdk hilang. Cara menghilangkan nya gimna y dok . Trus prnyebab nya apa . ?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Timbulnya daki didahului oleh penumpukan kulit mati disertai kotoran, yang tidak dibersihkan secara sempurna. Bila proses pembersihan yang tidak sempurna ini berlangsung terus menerus, maka daki akan terus menumpuk dan semakin sulit dibersihkan.

Untuk menghilangkan daki, Anda dapat melakukan scrub untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran. Lakukan 1x/minggu dan oleskan pelembab setelahnya karena scrub dapat membuat kulit Anda kering.  Untuk menghilangkannya memang agak sulit, namun bila Anda melakukannya secara konsisten dan teratur maka daki akan hilang. Kami sarankan juga agar Anda mandi dengan bersih, yaitu menggosok badan secara menyeluruh dengan sabun, terutama daerah lipatan yang seringkali terlewatkan. Penumpukan kulit mati dan kotoran yang terletak pada lipatan seringkali sulit dibersihkan dan terlewatkan.

 

Berikut adalah perawatan kulit yang juga dapat Anda lakukan: 

  • Sewaktu mandi, hindari air yang terlalu panas
    Air dengan suhu yang terlalu panas akan mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan air dengan temperatur ruangan.

  • Hindari mandi atau berendam terlalu lama
    Mandi dan berendam terlalu lama akan membuat kulit menjadi kering. Batasi waktu mandi Anda 5 - 10 menit saja.

  • Gunakan pelembab sesudah mandi
    Kulit yang lembab akan mengunci pelembab lebih lama dan lebih baik dibandingkan dengan kulit yang kering.

  • Gunakan pakaian yang terbuat dari katun maupun serat alami lainnya.
    Pakaian dengan bahan wol ataupun serat sintetis akan mengiritasi kulit.

  • Banyak minum air putih
    Dengan meminum air putih, maka Anda akan terhindar dari dehidrasi dan kulit yang kering. Perbanyak konumsi air putih terutama jika Anda berada pada ruangan yang berpendingin.

  • Konsumsi makanan yang mengandung omega 3
    Asam lemak yang esensial akan membantu membentengi minyak alami kulit. Makanan - makanan yang mengandung omega 3: salmon, sarden, biji - bijian, walnut, minyak bunga matahari.

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar