Sukses

Batuk Terus Menerus dan Haid Tidak Teratur

12 Mar 2015, 20:40 WIB
Wanita, 37 tahun.

Slamat siang dok..saya ingin bertanya disini..dlu saya menggunakan kb suntik 3 blan.terakhir saya gunakan blan november skarang tdak pkai lagi karena udah pisahdengan suami saya..udah 1 blan saya tidak mbdapatkan haid tpi saya tersiksa dengan keadaan ni mnyebabkan saya batuk secara terus mnerus .mlam tidak bsa tidur...yang saya tanyakan disi i..afakah obat supaya saya bisa haid dan berhenti batuk ...trima kasih dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari. 

Haid yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal. Gangguan hormon sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama ataupun beberapa tahun menjelang terjadinya menopause. Pada masa-masa itu merupakan variasi normal yang terjadi karena kurang baiknya koordinasi hormonal pada awal terjadinya menstruasi pertama dan menjelang terjadinya menopause, sehingga timbul gangguan keseimbaangan hormon dalam tubuh. Disamping itu, haid yang tidak teratur dapat juga terjadi pada :

  • Stress dan depresi: penyebab ini umumnya menyerang wanita muda 

  • Gangguan indung telur, misal : Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS)

  •  Sakit kronik

  •  Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

  •  Penurunan berat badan berlebihan

  •  Olahraga berlebihan, misal atlit

  •  Adanya tumor yang melepaskan hormon

  •  Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi

  •  Penggunaan obat-obatan tertentu, dsb

Pengobatan yang diberikan akan disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk memastikan penyebabnya, maka pemeriksaan secara langsung oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan harus dilakukan. Selain itu, sudahkah Anda melakukan pemeriksaan kehamilan? Masih mungkinkah Anda hamil?

Batuk yang  Anda alami dapat berkepanjangan dapat juga disebabkan karena faktor psikologis ataupun lingkungan. Saat ini, Anda perlu memperhatikan faktor apa saja yang membuat  Anda menjadi sering batuk, apakah ada faktor di sekitar lingkungan yang membuat Anda menjadi batuk terus-menerus, misal: debu, bulu binatang peliharaan, udara yang terlalu dingin dan lembab, bulu dari pakaian, merokok, dsb. Terdapat kemungkinan bahwa benda-benda tertentu dapat menyebabkan batuk pada diri Anda, dan yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan penghindaran terhadap benda-benda tersebut. Seringkali batuk tersebut diakibatkan karena alergi terhadap hal-hal tertentu. Dan untuk mengatasinya, Anda perlu menghindari setiap kondisi yang menyebabkan batuk. 

Apakah ada obat-obatan tertentu yang sedang  Anda konsumsi, misalkan: obat hipertensi? Atau yang lainnya? 

Bila memang keluhan tidak semakin berkurang sebaiknya Anda kembali mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut, dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti rontgen dada, pemeriksaan laboratorium, dll yang menyeluruh. Sebab penyebab batuk sangat bermacam-macam, dan pemeriksaan secara langsung akan mengarahkan pada penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar