Sukses

Mengecilkan Perut Yang Besar Setelah Melahirkan

21 Jun 2015, 14:41 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, saya mau tanya. sewaktu saya hamil perut saya sangat besar dan berat badan naik lebih dari 10KG. pada saat melahirkan memang anak saya besar dan panjang. berat 4kg dan panjang 52, tp setelah itu sampai sekarang sudah 2 tahun perut saya msh kelihatan besar seperti hamil 2 bulan saja. kalau kata bidan itu karena kulit perut saya tebal, padahal dari melahirkan saya selalu memakai korset sampai 3 bulan lebih bahkan sampai bekerja pun saya memakainya. tetapi tetap seperti ini. bagaimana saya mengatasi nya dok? terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah terdapat keluhan lain seperti nyeri perut, kembung, atau gangguan pencernaan lainnya? Jika tidak, kemungkinan yang Anda alami adalah kurangnya elastisitas kulit atau dinding perut Anda sehingga sulit untuk kembali seperti semula. Pengembalian ukuran rahim menjadi sedia kala ke ukuran sebelum hamil saat bayi lahir biasanya memang membutuhkan waktu enam hingga delapan minggu. Hal ini terjadi karena perubahan hormon menyebabkan rahim sulit untuk menyusut kembali pada ukuran pra-kehamilan. Namun pada beberapa wanita, hal ini dapat terjadi lebih lama khususnya bila wanita tersebut tidak menyusui dan atau tidak melakukan olahraga.

Sementara itu untuk bagian perut, cara terbaik mengencangkan dan mengecilkan daerah perut adalah dengan melakukan olah raga. Olah raga sebaiknya dilakukan bertahap. Hal ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada otot tubuh anda untuk beradaptasi terlebih dahulu. Olahraga dapat dimulai dengan melakukan olahraga aerobik, seperti jogging, bersepeda, dan lainnya, yang memiliki intensitas ringan hingga sedang. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan otot terlebih dahulu. Untuk latihan ketahanan seperti angkat beban dan alat-alat lain untuk mengencangkan otot-otot tubuh, misal otot perut, lakukanlah mulai dari intensitas ringan terlebih dahulu baru dinaikkan secara bertahap. Untuk target utama otot perut, Anda dapat melakukan latihan crunch (sit up) atau plank exercise. Namun jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri. Diperlukan kesabaran dan latihan teratur untuk mengencangkan kembali otot perut Anda. 

Anda juga perlu mengatur asupan kalori dan mengatur waktu beristirahat. Diet yang dianjurkan adalah diet rendah lemak, tinggi serat, tinggi karbohidrat kompleks, dengan protein. Perbanyak buah dan sayur, kurangi jenis karbohidrat simpleks seperti nasi putih, dan roti putih. Anda dapat mengonsumsi beras merah atau roti gandum sebagai pengganti karbohidrat simpleks. Batasi makanan gorengan dan perbanyak makanan rebus, kukus, atau panggang. Gunakan minyak zaitun dalam jumlah sedikit apabila ingin menumis sayuran. Jangan makan makanan instan seperti sosis, sarden, kornet, dll. Sebaiknya setelah pukul 18.00, Anda tidak lagi mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi. Perbanyak minum air putih (1.5 - 2 Liter per hari). Dan saran yang terakhir adalah berolahragalah terutama aerobik secara teratur (3x/minggu) apabila ingin mendapatkan hasil optimal. 

Jika Anda melakukan latihan fisik di pusat kebugaran, konsultasikan setiap gerakan dengan pelatih di tempat tersebut agar Anda dapat mengetahui gerakan yang benar serta terhindar dari cedera.

Berikut artikel terkait yang dapat menambah informasi Anda:

4 Cara Mengecilkan Perut yang Cepat

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar