Sukses

Keluar Cairan dari Telinga Anak

13 Mar 2015, 13:57 WIB
Wanita, 2 tahun.

dok,,...saya mau tanya,..anak saya waktu kecil sering batuk pilek sehingga saluran telinganya kena,,...sampe usia 2thun ini klo pilek juga telinganya kena keluar cairan gtu,....gmn solusinya dok,,...apakh bisa sembuh....

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluarnya cairan dari dalam telinga baik berupa darah, nanah, serumen (kotoran telinga), ataupun cairan jernih lainnya dalam dunia kedokteran dikenal sebagai otorrhea. Keluarnya cairan dari telinga bisa diakibatkan adanya iritasi atau infeksi dalam telinga biasanya akan diawali dengan gejala demam tinggi atau rasa tidak nyaman selama beberapa hari karena kupingnya yang terasa sakit. Disamping itu, pecahnya gendang telinga juga seringkali menimbulkan keluhan berupa keluarnya cairan berwarna kuning keputihan dengan sedikit darah dari telinga.

Kemungkinan besar cairan yang ada di telinga anak Anda disebabkan oleh peradangan pada telinga tengah yang bersifat akut atau tiba-tiba yang disebut Otitis Media Akut. Telinga tengah adalah organ yang memiliki penghalang yang biasanya dalam keadaan steril. Tetapi pada suatu keadaan jika terdapat infeksi bakteri pada nasofaring  dan faring, secara alamiah terdapat mekanisme pencegahan penjalaran bakteri memasuki telinga tengah oleh ezim pelindung dan bulu-bulu halus yang dimiliki oleh saluran tuba eustachii.

Eustachian tube atau saluran tuba menghubungkan antara telinga tengah dengan bagian nasofaring (salah satu bagian dari tenggorokan). Karena ada saluran tuba tersebut maka memudahkan terjadinya penyebaran infeksi dari saluran pernapasan atas ke telinga tengah. Oleh sebab itu seseorang yang sering mengalami batuk pilek berulang, terutama saat berusia anak-anak (saat tuba eustachius masih relatif horizontal), penyebaran infeksi mudah sekali terjadi ke telinga.

Untuk memastikannya, diperlukan wawancara lebih lanjut dan diperlukan pemeriksaan secara langsung terhadap telinga anak Anda. Karena itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis THT segera untuk segera diketahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat diberikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar