Sukses

Hasil Test Pack Kehamilan

19 Dec 2014, 16:41 WIB
Wanita, 29 tahun.

saya br nikah pada 17 nov bln lalu. terakhir saya haid itu tg 7-9nov. dan smpe skrng saya blm haid jg. payudara saya sakit trs kl saya tdur itu skrng hrs srng merobah posisi tdur krn trsa gag nyaman di perut. saya cb testpack dan hasil nya 1 garis merah trang dan 1 lg itu sdkit buram, 2x melakukan test dan dng hasil yg sm pula. saya blm cek ke dok krn blm ada biaya. mhon di bantu makasi dok

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pemeriksaan test pack dapat membantu dalam diagnosis kehamilan, namun bukanlah tanda pasti kehamilan. Izinkan kami menjelaskan tentang menentukan apakah Anda hamil atau tidak. Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan dua garis tipis saja kemungkinan sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu. 

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), Anda dapat mencoba testpack ulang 1-2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Jika hasil test pack positif, lakukan pemeriksaan USG 2 minggu kemudian.

Mengenai usia kehamilan, terdapat beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan, salah satunya adalah dengan melakukan perhitungan menurut  HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perhitungan kehamilan menurut HPHT. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila sang wanita hamil memiliki siklus menstruasi teratur dan normal yaitu sekitar 28 hari. Apabila siklus menstruasi tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid.  

Namun metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama menstruasi terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Karena itu, dalam hal ini, hasil perkiraan usia kehamilan dengan USG lebih dipercaya.

Untuk itu kami sarankan agar Anda melakukan test pack ulang 1-2 minggu lagi, dilanjutkan dengan konsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan diagnostik yang menyeluruh.

Berikut artikel yang dapat menambah informasi Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda.

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar