Sukses

Apakah FAM Diturunkan?

15 Jun 2015, 21:54 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat pagi dokter, saya ingin menanyakan perihal fibroadenoma mammae. apakah tumor ini dapat memberikan bakat keturunan kepada anak, terutama anak wanita? dan apakah setelah dioprasi, tumor ini dapat kembali tumbuh, dan bagaimana cara pencegahannya?, apa dapat dilakukan dengan rehabilitasi pengobatan herbal?. terimakasih banyak.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, oleh karena itu ijinkan kami menjelaskan mengenai benjolan pada payudara tersebut. FAM (fibroadenoma mammae) merupakan suatu tumor jinak pada payudara dimana penyebabnya belum secara pasti diketahui. Dan penyakit ini tidak diturunkan secara genetik kepada anak.

Namun benjolan FAM dapat membesar dengan dipengaruhi oleh hormon.  FAM biasanya muncul di usia remaja atau pada usia post-menopause. Oleh karena itu terkadang FAM akan menjadi besar saat sedang siklus menstruasi, kehamilan atau sedang menyusui. Pemeriksaan secara pasti dapat dilakukan dengan pemeriksaan mamografi atau biopsi. 

FAM tidak ada resiko untuk menjadi kanker. Beberapa hal dikatakan dapat mencegah perkembangan FAM dengan mengkonsumsi sayur dan buah, kehamilan, dan olahraga dengan instesitas sedang setiap minggunya. Tindakan yang biasanya dilakukan adalah operasi, atau ada beberapa yang dapat hilang namun kemungkinan ini sangat sedikit. Hanya sekitar 20% kasus tumor ini tumbuh. Jadi sebaiknya jaga hidup sehat dan lakukan pemeriksaan payudara secara rutin. 

Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan Anda, agar diagnosis pasti dan kondisi Anda dapat diketahui dengan pasti sehingga terapi yang diberikan adalah tindakan yang terbaik.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar