Sukses

Selaput Dara Tak Berlubang

15 Jun 2015, 21:40 WIB
Wanita, 32 tahun.

Asalamu alaikum dok. maaf sebelum nya saya mau bertanya. saya g ada haid/menstruasi.pernah sekali waktu saya umur 25, samapi sekarang g lagi dan hymen saya juga tertutup g ada lobang nya.solusi nya gmn dok.saya pengen punya anak apakh ada kemungkinan saya bisa hamil.? mohon jawaban nya..terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kondisi dimana tidak terdapat lubang pada selaput dara disebut dengan hymen  imperforata.

Hymen Imperforata ialah selaput dara yang tidak menunjukan lubang (Hiatus Himenalis) samasekali, suatu kelainan yang ringan dan yang cukup sering dijumpai.

Kondisi ini pada umumnya baru diketahui ketika wanita telah memasuki waktu menarche (menstruasi pertama), dimana pada usia tersebut darah menstruasi tidak keluar. Darah itu terkumpul di dalam vagina dan menyebabkan hymen tampak kebiru-biruan dan menonjol keluar (Hematokolpos).

Bila keadaan ini dibiarkan, maka uterus akan terisi juga dengan darah haid dan akan membesar (Hematometra).

Tindakan utama untuk kasus hymen imperforata adalah operasi, namanya hymenotomy. Untuk itu sebaiknya anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan anda mengenai terapi ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar