Sukses

Efek Samping KB

19 Dec 2014, 16:26 WIB
Wanita, 31 tahun.

Dokter mau tanya semenjak saya menggunakan spiral 3 bln yg lalu kok haid saya terus ada tp kadang jg tidak ada,itu penyebabnya apa ya dokter mohon penjelasannya.Terima Kasih sebelumnya dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Perlu diketahui bahwa seluruh metode kontrasepsi yang bersifat hormonal, baik itu suntik, pil, spiral maupun susuk, dapat merubah regulasi hormon di dalam tubuh wanita dan menyebabkan gangguan menstruasi. Biasanya, kondisi perubahan hormon ini diawali dengan perdarahan tidak teratur, terutama pada 3 bulan awal penggunaan alat kontrasepsi. Keluhan seperti flek, menstruasi sedikit atau bahkan tidak menstruasi sama sekali disebabkan karena menipisnya lapisan lendir rahim.

Keseimbangan hormon Anda secara perlahan akan kembali ke titik normal apabila penggunaan kontrasepsi hormonal dihentikan. Biasanya dalam kurun waktu 5 hingga 7 bulan siklus menstruasi akan kembali reguler dan normal dalam hal frekuensi, jumlah maupun siklus.

Untuk kepastian diagnosis, kami sarankan Anda untuk konsultasi ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan. Pemeriksaan secara menyeluruh, termasuk USG kandungan (jika diperlukan) akan memperjelas ada tidaknya gangguan pada organ reproduksi Anda.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar