Sukses

Diet Bagi Penderita Sakit Jantung

15 Jun 2015, 19:30 WIB
Pria, 34 tahun.

Selamat Sore, Dok. Saya 3 bulan yang lalu menderita sesak nafas sehingga susah tidur, hal ini terjadi selama 1 minggu. Setelah seminggu diadakan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam dan dianalisa menderita pembengkakan jantung dan debar jantung terlalu kencang (120-160) dikarenakan penyumbatan pembuluh darah, namun belum sampai 80%. Hasil analisa dokter spesialis saya harus dirawat di CVCU. Atas analisa tersebut saya melapor ke bagian IGD RSUP. Dr. M. Jamil Padang dan memang saya harus dirawat di CVCU selama 3 hari dan 2 hari di bangsal jantung. Setelah itu diperbolehkan pulang. Setelah 3 bulan menjalani rawat jalan saya kembali di rawat di CVCU selama 3 hari dan di bangsal 2 hari dikarenakan kelelahan akibat pekerjaan menumpuk di akhir tahun. Sekarang sudah dirumah (rawat jalan). Pertanyaan : 1. Setelah dilaksanakan pemeriksaan jantung menyeluruh tidak ditemukan kelainan pada jantung namun hanya pada lambung (asam lambung tinggi). Apakah ada hubungannya antara kerja jantung dengan gejala asam lambung. 2. Apa saja pantangan bagi penderita penyakit jantung karena kalau menu yang ada di rumah sakit menyebabkan nafsu makan hilang karena makanan tidak boleh digoreng, tidak boleh pakai garam, makanan yang boleh yang direbus atau yang dikukus. Atau ada pilihan makanan lain mengingat saya orang Padang. Terima kasih sebelumnya, Dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sebelum memilih jenis makanan yang tepat bagi kondisi Anda, hitunglah terlebih dahulu kalori yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Untuk itu, Anda dapat memasukkan data berat badan, tinggi badan, usia, serta jenis aktivitas yang dilakukan sehari-hari pada kolom " Kalkulator Kalori" yang terdapat pada kanan bawah halaman pertama. Setelah itu sesuaikan kandungan kalori tiap jenis makanan dengan kebutuhan kalori  Anda perhari (lebih detilnya terdapat pada buku yang berisikan mengenai daftar penukar bahan makanan yang dijual di toko-toko) dengan memperhatikan jenis makanan yang baik maupun tidak baik untuk dikonsumsi bagi penderita jantung.

 

Berikut adalah diet bagi penderita sakit jantung :

  1. Konsumsi ikan ikan lebih banyak
    Ikan merupakan sumber dari protein dan nutrisi lainnya. Ikan juga mengandung omega 3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. The American Heart Association menyarankan agar mengkonsumsi ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi seperti salmon sebanyak dua kali dalam seminggu.
  1. Konsumsi sayur, buah, gandum, dan kacang
    Makanan natural ini merupakan strategi yang cukup kuat untuk melawan penyakit jantung
  1. Pilih lemak yang tepat
    Lemak tidak selamanya jahat, lho. Lemak masih dibutuhkan tubuh untuk melarutkan vitamin A,D,E, dan K. Sekaligus sebagai penghasil energi tertinggi. Tapi kalau kebanyakan justru jadi masalah, oleh karena itu ikut kiat berikut ini:
    1. Membatasi total lemak
    2. Kurangi konsumsi trans fat (lemak tak jenuh) dan tidak lebih dari 7% - 10% lemak jenuh. (misalnya mentega, makanan gorengan, makanan manis, dan saus salad).
    3. Bila ingin menambah lemak gunakan lemak yang tinggi dengan lemak tak jenuh tunggal atau lemak tak jenuh ganda (misalnya kanola, olive, atau minyak kacang).
  1. Perbanyak variasi makanan
    Makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging atau produk susu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jadi untuk mengurangi resiko nutrisi dengan menyeimbangkan antara protein dari daging binatang, ikan, dan sayur.
  1. Kurangi konsumsi kolestrol
    Peroleh energi dengan memperbanyak karbohidrat kompleks (pasta, kentang dan roti gandum) dan kurangi gula, minuman bersoda serta makanan atau minuman manis.

Beberapa strategi lain:

 

Sebagai bahan acuan dalam pemilihan jenis makanan yang tepat dan sesuai untuk kondisi Anda, Anda dapat mengakses artikel kami yang berjudul Diet untuk Penyakit Jantung

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar