Sukses

Pembengkakan Pada Kelenjar Air Liur
15 Jun 2015, 18:27 WIB
Wanita, 32 tahun.

Sore dok, saya pny 1 org putra berumur 1,5 thn yg mengalami pembengkakan pada kelenjar liurnya, uda pernah dikonsulkan ke dokter didaerah saya dan udah konsumsi obat tetapi bengkaknya tidak berkurang, yang anehnya pada daerah bengkak itu anak saya tidak merasakan sakit ataupun nyeri, untuk aktivitas minum susu dan makan sama seperti biasa. bengkak pada kelenjar liur berbahaya gak dok? sebaiknya saya harus bagaimana? terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kelenjar Parotis adalah salah satu kelenjar ludah yang utama yang terletak di sudut rahang bawah dan di bawah daun telinga. Jika terjadi pembengkakan, telinga akan terdorong ke atas. Hal ini yang membedakan pembengkakan kelenjar parotis dari pembengkakan kelenjar limfe yang berada pada daerah yang sama.

Penyebab pembengkakan kelenjar parotis yang sering terjadi adalah karena peradangan kelenjar parotis yang disebut dengan parotitis atau gondongan. Lebih sering terjadi pada anak-anak, bila menyerang orang dewasa maka gejalanya dapat lebih berat dari pada jika terjadi pada anak-anak. Parotitis merupakan suatu penyakit yang mudah menular yang disebabkan oleh infeksi virus (Paramyxovirus) ataupun infeksi bakteri (S.aureus, dll).

Parotitis dapat ditularkan melalui percikan ludah penderita yang berasal dari bersin, batuk, bahan muntahan atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi ludah penderita. Untuk mencegah penularan adalah dengan membatasi kontak, penggunaan barang bersama dengan  penderita parotitis dan dengan mencuci tangan.

Penyakit ini sebenarnya dapat sembuh sendiri. Pengobatan yang diberikan hanya ditujukan untuk mengatasi keluhan-keluhan yang dirasakan. Biasa diberikan analgetik dan antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri.

Anda dapat mengunjungi dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan fisik dan juga penanganan yang tepat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar