Sukses

Dubur Gatal dan Benjol

18 Dec 2014, 12:26 WIB
Pria, 23 tahun.

selamat pagi dok. sudah seminggu saya mengalami gatal di atas dubur saya. di atas dubur saya ada benjolan kecil yang menyebabkan rasa gatal di sekitarnya. rasa gatal itu kadang muncul dan kadang hilang dengan sendirinya, itu kenapa dok, dan bagaimana solusinya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Benjolan di dekat dubur dapat merupakan tanda adanya bisul, salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh. 

Penyembuhan bisul tergantung ukuran dan keparahan bisul. Jika bisul masih kecil, maka bisa digunakan salep antibiotik. Namun jika sudah besar membentuk abses maka harus diinsisi dan dikeluarkan nanahnya. Untuk mengobati suatu penyakit diperlukan pemeriksaan menyeluruh terlebih dahulu.

Gatal pada dubur dapat disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:

  1. Cacing kremi
  2. Candidiasis (semacam jamur) atau jamur yang menginfeksi kulit
  3. Skabies, sejenis kutu yang infeksi kulit
  4. Iritasi karena diare
  5. Kondiloma akuminata (kutil)
  6. Dermatitis kruris
  7. dan lain-lain (jarang).

Obat untuk masing-masing kemungkinan penyakit ini berbeda. Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke Dokter untuk mengatasi gejala yang Anda rasakan. Untuk sementara, sebaiknya Anda menjaga kebersihan daerah kemaluan dan sering berganti pakaian dalam. Terapi akan diberikan sesuai dengan faktor yang melatarbelakangi keluhan Anda.

Semoga penjelasan dapat diterima.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar