Sukses

Adnexitis dan DM

15 Jun 2015, 16:20 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat pagi. Seorang kerabat saya, perempuan berusia 22 tahun, bergolongan darah O, divonis mengidap Adnexitis dan Diabetes. Saya ingin lebih tahu mengenai Adnexitis, dan bagaimana penanganannya juga penyembuhannya karena gangguan yang dialami kerabat saya cukup menghambat aktivitasnya. Beliau merasakan sakit pada pinggul hingga ke kaki, mual, pusing, dan tutunnya metabolisme. Adakah makanan yang dipantang dikonsumsi atau makanan yang disarankan agar membantu pemulihan beliau? Sepengetahuan awam saya, diabetes akan memperlambat proses penyembuhan pada rahim. Saya khawatir lambatnya penyembuhan tersebut memengaruhi daya tahan tubuhnya. Saya mohon pencerahan dan bimbingannya. Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Adnexitis adalah infeksi atau radang pada adnexa rahim yang disebabkan oleh virus atau bakteri, adnexa adalah organ reproduksi wanita berupa jaringan yang berada di samping kanan dan kiri melekat pada rahim, yang bernama tuba fallopi dan ovarium. Istilah lain yang sering digunakan untuk menyebut penyakit ini adalah salpingo-ooforitis.

Untuk terapinya tergantung penyebab dan derajat kearahan. Bila disebabkan oleh infeksi bakteri, maka dibutuhkan terapi antibiotik. Bila kondisi yang terjaid sudah berat, terapi pembedahan mungkin saja perlu dipertimbangkan.

Sedangkan pada penderita Diabetes, memang terjadi gangguan pada beberapa sistem tubuh yang menyebabkan gangguan pada proses penyembuhan. Untuk mengatsinya yang terpenting adalah selalu mengontrol kadar gula darah tubuh, baik dengan diet diabetes atau obat-obatan yang telah diberikan.

Untuk itu sebaiknya kerabat anda rutin melakukan pemeriksaan baik kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengtasi masalah infeksi organ reproduksinya, dan spesialis penyakit dalam untuk mengontrol penyakit diabetes yang dialami.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar