Sukses

Interpretasi Hasil Tes Widal

21 Dec 2014, 20:30 WIB
Pria, 47 tahun.
Apa perbedaan interpretasi hasil tes darah widal antara hasil test utk kode "O" vs kode "H". Misal widal A-O dan A-H apa bedanya ?
dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Tes widal adalah untuk pemeriksaan demam tifoid dan paratifoid.

Tes widal ada 2 macam: mengukur titer O dan titer H, yang maksudnya adalah untuk memeriksa adanya antibodi terhadap antigen O (yang terdapat pada badan) dan antigen H (yang terdapat pada flagela-alat gerak) pada kuman Salmonella typhi (demam tifoid) dan Salmonella paratyphi (demam paratifoid).

Jika kuman tersebut masuk ke dalam tubuh kita, maka akan menyebabkan infeksi saluran cerna berupa penyakit demam tifoid dan paratifoid yang gejalanya kurang lebih sama.

Diperlukan peningkatan sebesar 4x dari nilai awal titer (1/80). Untuk itu, jika memang terdapat gejala yang mengarah pada penyakit demam tifoid/paratifoid, dokter biasanya akan menganjurkan pemeriksaan widal ulang 1 minggu ke depan atau menyarankan pemeriksaan yang lebih sensitif.

Setiap hasil pemeriksaan laboratorium perlu dikonfirmasi dengan kondisi pasien kembali untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar