Sukses

Benjolan di Leher Belakang

30 Jan 2015, 10:01 WIB
Wanita, 51 tahun.

selamat malam, dokter! saya wanita berumur 51 tahun, saya mempunyai benjolan di leher bagian belakang sebelah kiri. benjolan tsb kadang bisa membesar dan kadang bisa mengecil. benjolan tsb saat ditekan tidak sakit, dan saat ditekan juga tidak mengeluarkan reaksi apapun seperti keluarnya cairan dsb. kondisi dan warna kulit di sekitar benjolan pun normal. tidak ada keluhan yang serius dari benjolan tsb. hanya saya, terkadang saat saya berteriak, terasa sekali dari benjolan itu seperti tertarik sampai ke kepala. kalau menurut analisa saya sendiri, mungkin kah ini hanya otot saraf yang bermasalah? dan jika iya, apakah bahaya nya dan bagaimana cara mengatasinya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Keluhan anak Anda saat ini adalah benjolan di leher. Banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Apakah anak Anda memiliki gejala seperti mudah berkeringat, dan penurunan berat badan? Apakah benjolan muncul bila Anda sedang sakit batuk, nyeri menelan? 

Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • Pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid

  • Pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri

  • Pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 

  • Bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan

  • Tumor lemak (lipoma)

  • Sebab lain (jarang).

Penyebab paling sering benjolan di leher adalah pembesaran kelenjar getah bening karena infeksi (misalnya saat sedang batuk pilek), benjolan ini bisa menghilang dengan sendirinya. Kami sarankan Anda konsultasi ke Dokter karena status benjolan tersebut berbahaya atau tidak hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan fisik.  Jika sudah diperiksakan pastikan diagnosis nya apa, jika lipoma bisa diangkat, namun jika pembesaran kelenjar getah bening karen infeksi tidak perlu diangkat namun cukup diberikan obat. Jika pembesaran kelenjar tiroid maka perlu dilakukan pemeriksaan kadar hormon tiroid.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam Sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar