Sukses

Banyak Minum Banyak Kencing

30 Dec 2014, 23:46 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok. saya ingin tanya mengenai masalah buang air kecil saya sangat senang minum air putih bahkan sehari bisa bergelas-gelas minum air putih. tetapi dampaknya malah saya sering buang air kecil , saya pikir itu wajar namun jangka waktu untukuk buang air kecil sangat pendek antara 15-30 menit kemudian pasti sdh ingin buang air kcil dan itu lumayan mmbuat aktivitas trganggu. apa ini ada masalah atau memang seperti ini ya dok? mohon petunjukknya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Merupakan hal yang wajar jika Anda sering BAK ketika mengkonsumsi banyak air. Ketika terdapat kelebihan cairan yang masuk dalam tubuh, otak akan menyesuaikannya dengan mengurangi pengeluaran hormon antidiuretik, yang akan menyebabkan ginjal memproduksi banyak urin, hingga kelebihan air dapat dikeluarkan.

Namun Anda perlu berhati-hati, terdapat keadaan dimana individu mengkonsumsi terlalu banyak air, hingga level dimana ginjal tidak lagi bisa mengimbangi kecepatannya dalam memproduksi urin, sehingga dapat mengarah pada satu gangguan mineral dalam tubuh. Hal ini dapat berkomplikasi, seperti pembengkakan tubuh (edema), edema paru yang berakibat kesulitan nafas, dan kegagalan jantung untuk memompa darah. Jika terjadi edema pada otak, dapat berakibat penurunan kesadaran.

Setiap waktu seseorang meminum air, ginjal akan langsung membuangnya dengan memproduksi urin lebih banyak dari keadaan normal, dan hal ini dapat terjadi walaupun hanya dengan segelas air. Banyak minum air merupakan kebiasaan baik bagi kesehatan. Namun, perlu diperhatikan jumlahnya tidak melampaui 8 gelas per hari dan dengan rentang waktu yang terdistribusi dengan baik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar