Sukses

Menunda Kehamilan

19 Dec 2014, 16:56 WIB
Pria, 24 tahun.

Dear Bpk/Ibu Dokter, Sya laki2 baru menikah 1 minggu. Saya punya pertanyaan seputar tentang penundaan kehamilan. Karena baru menikah, maka saya dan istri punya rencana untuk menunda kehamilan terlebih dahului. Tetapi sewaktu kami berhubungan, ternyata kondom yg saya gunakan koyak dan seperma saya masuk semua ke rahim istri. Kira2 apa yg harus kami lakukan, atau apa obat yg harus diminum oleh istri supaya tidak terjadi pembuahan dok? karena kami masih belum ingin punya anak. Tolong penjelasan secepatnya dari dokter. Terimakasih "KLIKDOKTER".

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Apabila sudah terjadi penetrasi penis ke dalam vagina dan sudah terjad pengeluaran sprema di dalam vagina maka memang ada kemungkinan untk terjadi kehamilan terutama apabila Anda berhubungan dengan istri Anda pada masa subur. Anda dapat melakukan pemeriksaan test-pack untuk memastikan Anda memang hamil atau tidak. Mengenai obat-obatan yang dapat mencegah kehamilan biasanya diberikan kepada misalnya korban pemerkosaan, obat ini biasanya diberikan paling tidak 3 hari setelah berhubugan seksual. Mengenai obat Anda harus sebelumnya melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan dan kebidanan. 

Untuk menunda kehamilan kami berikan beberapa pilihan metode untuk Anda. 

Untuk menunda kehamilan ada beberapa teknik yang dapat dilakukan : 

A. Tanpa menggunakan alat-alat/obat 

1. Senggama terputus : Teknik penarikan penis dari vagina sebelum ejakulasi, kira-kira 1 detik sebelum ejakulasi terjadi. 

Namun teknik ini ada beberapa kekurangan yaitu dapat keluar cairan mani sebelum ejakulasi yang dapat mengandung sperma, terlambat mengeluarkan penis, dan pengeluaran sperma yang dekat dengan vulva yang dapat menyebabkan kehamilan terutama saat sedang ovulasi. 

2. Patang Berkala : Menghindari berhubungan tubuh pada sebelum, saat dan 24 jam sesudah masa subur (ovulasi). Kekurangannya adalah terkadang masa ovulasi wanita dapat sulit untuk diperkirakan terutama bila haid si wanita tidak teratur. 

3. Kondom : Prinsip dari kondom adalah sebagai perisai dari penis sewaktu melakukan koitus, dan mencegah pengumpulan sperma dalam vagina. Kefektifan kondom adalah 90%. Selain untuk mencegah kehamilan, kondom juga mencegah tertularnya penyakit menular seksual. 

B. Kontrasepsi dengan alat/obat : kontrasepsi pil KB yaitu pil yang berisi kandungan hormonal yang dapat mencegah kehamilan. Kontrasepsi menggunakan alat yang dinamakan IUD (intra uterine Device) yang dimasukkan ke dalam rahim wanita, agar tidak terjadi kehamilan. Kontrasepsi jenis ini sangat efektif. Untuk mendapatkan kontrasepsi ini, Anda dapat ke dokter kandungan dan kebidanan. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar