Sukses

Kulit Terbakar Karena Masker Bawang Putih

16 Dec 2014, 15:24 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dokter saya ingin tanya,beberapa Minggu yang lalu muka saya terluka akibat coba2 pakai bawang putih sbg masker untuk menghilangkan bekas jerawat setelah saya baca beberapa artikel di internet. Namun hasilny malah spt kena luka bakar. Saya periksakan ke dokter kulit,saya dikasih cream elox sama obat dlm. Beliau bilang bekasny ga bisa hilang,lha trs fungsi dr cream elox dan obat itu sendiri buat apa ya dok kalau gtu ? Mohon informasinya. Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini, keluhan Anda adalah kulit wajah seperti terkena luka bakar akibat pemakaian masker bawang putih. Keluhan Anda bisa mengarah kepada diagnosa dermatitis kontak. 

Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar.

Obat yang diberikan oleh dokter Anda merupakan obat yang memiliki kandungan mometasoen furoate, yang merupakan golongan kortikosteroid yang memang digunakan untuk penanganan utama penyakit dermatitis dan memang bukan untuk menghilangkan bekas luka Anda, penanganan bekas luka bisa diatasi jika saat ini dermatitis Anda sudah tertangani, oleh karena itu tetap gunakan obat yang sudah diberikan oleh dokter Anda.  

Gejala dermatitis kontak ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu, menghindari penggunaan air panas pada kulit, dan memberikan pelembab (moisturizer) pada luka.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga penjelasan ini dapat dipahami.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar