Sukses

Infeksi Kelenjar Getah Bening Pada Anak

11 May 2015, 19:34 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dokter yg slalu d berikan kesehatan oleh tuhan YME.. Dokter kmrn saya k dokter anak.. D belakang kepala atau tepatnya d atas pundak anak saya ada benjolan kecil gt dan benjolan nya ada 2 dengan posisi sejajar..dan saya tanyakan k dokter dan dokternya bilang anak saya infeksi kelenjar.. Anak saya msh bayi usia 9 bulan.. Yg saya tanyakan infeksi kelenjar penyebab nya karna apa ya dok dan apa bisa d obati dok saya sangat kawatir :( ..Terimakasih dokter sebelumnya.. Saya tunggu jawaban nya terimakasih:)

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Jika memang benar, benjolan tersebut menunjukkan gejala yang sesuai dengan kelenjar, maka kami menduga al tersebut merupaakan kelenjar getah bening yang membesar.

Kelenjar getah bening merupakan organ kelenjar yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh, jika terjadi infeksi maka dapat terjadi pembesaran pada kelenjar tersebut. Pembesaran kelenjar getah bening pada daerah leher dapat disebabkan oleh banyak hal misalkan infeksi saluran napas atas atau infeksi oleh kuman tuberkulosis. Limfadenitis TB atau limfadenitis tuberkulosis atau tuberkulosis kelenjar merupakan infeksi kelenjar getah bening oleh kuman Mycobacterium tuberculosis.

Untuk mengetahui pasti penyebab pembesaran kelenjar tersebut memang sebaiknya dilakukan biopsi. Biopsi tidak menyebabkan penyebaran penyakit. Anda dapat berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis anak yang merawat anak anda mengenai tindakan tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar