Sukses

Buta Warna Parsial

17 Dec 2014, 18:17 WIB
Pria, 35 tahun.

Penjelasan tentang "buta warna parsial" setiap saya melakukan medical check up akhir tahun, hasil nya selalu buta warna parsial, kenapa demikian ? Seperti apa sih kategori yang dapat seseorang dikatakan buta warna, karena kalau membedakan warna saya bisa, teman teman pun heran kenapa demikian, memang kalau yang dilakukan untuk test warna oleh dokter tidak menanyakan ini warna apa, melainkan test nya melalui buku yang dimiliki oleh dokter itu sendiri, yaitu gambar abstrak yang didalamnya terdapat angka, jika bisa menebak/menyebut angka didalam lingkaran warna abstrak tsb maka normal.. mohon penjelasannya mengenai ini ,apakah ada penyembuhannya ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu akibat faktor genetis. Saraf sel di retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika saraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut.

Buta warna dapat bersifat total atau parsial. Buta warna total berarti seseorang hanya dapat melihat hitam-putih (gradasi warna abu-abu) dan sangat jarang ditemukan. Pada orang dengan buta warna parsial, terdapat beberapa warna yang tidak dapat dibedakan. 

Sel-sel yang fotosensitif pada mata disebut dengan konus. Keberadaannya membuat kita dapat melihat warna. Konus terletak pada bagian tengah/pusat retina dan mengandung pigmen fotosensitif yang dapat mendeteksi warna merah, hijau, dan biru. Penderita buta warna mengalami kekurangan atau tidak adanya pigmen-pigmen tersebut. 

Buta warna selain disebabkan karena genetik, juga dapat disebabkan akibat penyakit seperti glaukoma, katarak, diabetes, sklerosis dan efek samping obat-obatan seperti pil kontrasepsi dan anti peradangan. Untuk buta warna yang disebabkan kelainan genetik tidak ada terapinya. Sedangkan untuk buta warna yang disebabkan karena penyakit atau obat-obatan, apabila pencetus disembuhkan atau dihilangkan maka mata dapat kembali normal. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk "mengakali" keadaan buta warna parsial adalah dengan penggunaan lensa kontak warna (untuk membantu membedakan warna) atau kacamata yang memblok cahaya yang menyilaukan mata.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar