Sukses

Beda Bronkhitis dan TBC

23 Apr 2015, 11:27 WIB
Wanita, 26 tahun.

anak saya 31m kata dsa nya positif bronkhitis harus berobat 6bln.yang saya tanyakan apa bronkhitis sama dengan tbc?dan apa penyakit itu bisa menular soalnya saya memiliki gejala yg sama seperti anak saya dulu sebelum berobat sering sekali kena batuk pilek.sekarang sudah 2minggu lebih batpil tak kunjung sembuh sudah ke dokter tp masih belum sembuh.rencanya saya mau coba tes darah saja takutnya saya kena juga.pertanyaan terakhir apa pengobatan 6bln ini bisa di lakukan di dokter umum?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Bronkitis adalah suatu kondisi yang timbul bila dinding bagian dalam saluran pernapasan utama paru yang terinfeksi dan meradang ini biasanya diikuti dengan infeksi pernapasan seperti demam. Bronkitis terbagi menjadi dua yaitu bronkitis akut dan kronis.  Sedangkan tuberkulosis atau TBC adalah penyakit infeksi paru yang disebabkan oleh kuman kelompok Mycobacterim tuberculosis.  

Bronkitis akut dapat diikuti oleh gejala-gejala infeksi saluran napas atas, seperti :

  • Perasaan tidak enak dan sesak pada dada
  • Tenggorokan serak
  • Hidung mampat
  • Sesak napas
  • Mengi (bunyi napas ngik-ngik)
  • Demam yang tidak tinggi dan menggigil
  • Lemah dan letih

Bronkitis tidak berhubungan dengan TBC dan tidak akan berubah menjadi TBC. Anda dapat membaca lebih lanjut artikel kami yang berjudul Bronkitis dan Tuberkulosisuntuk mengetahui informasi lebih lanjut. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar