Sukses

Cara Menangani Mata Minus

17 Dec 2014, 08:48 WIB
Wanita, 20 tahun.

terima kasih sebelumnya, telah membuat klikdokter.com saya mahasiswi berumur 20 tahun dok. mata saya minus dan selalu mengalami penambahan minus setiap kurang lebih 3 bulan dan itu sangat menganggu saya. karena saya harus bolak-balik mengganti kacamata saya. apakah ada cara untuk menanganinya dok? terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Miopia atau rabun jauh adalah berkurangnya kemampuan melihat jauh, kendati penglilhatan jarak dekat masih dalam batas normal. Kondisi ini terjadi apabila kornea dan lensa mengalami gangguan kecembungan serta berkekuatan lebih, atau ketika bentuk anatomis bola mata terlalu panjang sehingga titik fokus sinar akan dibiaskan di depan retina.

Penambahan minus rabun jauh biasanya akan berhenti dan berada pada titik stabil ketika penderita menginjak usia 20 tahun. Jikalau bertambah, biasanya angka pertambahan pun tidak terlalu signifikan.

Tata laksana rabun jauh dapat menggunakan kaca mata atau lensa kontak minus / negatif dengan ukuran yang disesuaikan dengan gangguan kecembungan atau kelainan anatomis yang ada.

Berikut adalah modifikasi gaya hidup yang dapat diterapkan untuk menjaga agar minus penderita tidak bertambah :

  • Jaga jarak baca pada radius 40 – 45 cm dan menggunakan cahaya cukup
  • Istirahatkan mata setiap 2 jam sekali selama 15 menit, ketika membaca buku atau bekerja di depan computer secara intens
  • Tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin A.

Tindakan lain yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi rabun jauh adalah tindakan pembedahan berupa pembedahan pada kornea mata dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (Lasik) ; atau dengan tindakan tanam lensa atau Intraocular Lens Implant (IOL).

Berikut artikel mengenai Serba-Serbi LASIK yang dapat menambah pengetahuan Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar