Sukses

Menstruasi Paska Berhubungan

17 Dec 2014, 09:25 WIB
Wanita, 27 tahun.

Tlg jgn sebut ID saya Pagi ini saya berhubungan intim dengan suami.setelah mandi keluar darah mens, apakah tdk menjadi masalah krn saya punya riwayat ISK pd awal thn 2014 dan bagaimana pencegahan agar saya tidak terjangkit ISK lagi?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluarnya darah setelah berhubungan seksual dalam dunia medis disebut sebagai post coital bleeding. Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk mulut rahim yang sedikit robek seperti yang sedang Anda alami. Perpanjanglah masa intercourse sebelum pasangan melakukan penetrasi agar vagina Anda memproduksi lendir yang cukup, dan gesekan yang dipicu oleh tindakan penetrasi tidak menimbulkan luka, lecet ataupun robekan pada vagina/rahim Anda. Kejadian ini juga kerap terjadi pada malam pertama atau ketika frekuensi berhubungan seksual tidak terlalu sering, karena pada kondisi tersebut vagina dalam keadaan ketat dan sempit.

Kendati angka kejadiannya rendah, kesulitan penetrasi memang dapat disebabkan oleh selaput dara atau himen yang tebal. Penting diketahui bahwa gangguan penetrasi terbesar disebabkan karena vaginismus, spasme otot vagina secara spontan ketika ada "benda" asing yang memasukinya seperti tampon atau penis. Gejala utama yang dikeluhkan adalah rasa tidak nyaman hingga nyeri ketika pasangan melakukan penetrasi, seakan-akan pasangan telah menghantam sebuah dinding di dalam rongga kewanitaan Anda. Apabila benar Anda memiliki selaput dara tebal biasanya Anda pun mengalami gangguan menstruasi, karena selaput dara ini menghalangi aliran darah untuk keluar dari vagina.

Apakah satu atau lebih definisi kondisi di atas sesuai dengan keadaan Anda saat ini?

Periksakan diri Anda ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk mengetahui latar belakang pasti keluhan Anda dan memperoleh tata laksana sesuai. Hindari hubungan seksual apabila vagina masih dalam kondisi luka agar terhindar dari infeksi.

Kondisi yang Anda alami tidak berkaitan dengan adanya riwayat ISK di masa lampau, namun sebagai upaya pencegahan terjadinya ISK, berikut beberapa kiat yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Tingkatkan asupan cairan (air putih) minimal 1,5-2L/hari. Peningkatan asupan cairan dalam hal ini ditujukan untuk membilas kuman ataupun cikal bakal batu yang mungkin terdapat pada saluran kemih
  • Jangan pernah menahan hasrat untuk berkemih, segeralah ke toilet jika merasakan sensasi untuk BAK
  • Segera BAK setiap selesai berhubungan seksual.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar