Sukses

Menjaga Perkembangan Otak Anak

23 Apr 2015, 11:01 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok kiat apa aj sbagai orang tua agar perkembngan otaknya baik buat bayi khususny ank saya yg baru 11 bulan.trim's

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Perkembembagan otak bayi yang sangat pesat terjadi terutama pada masa golden age, yaitu sejak dalam kandungan hingga bayi berusia 3 tahun. Perkembangan otak ini sangat dipengaruhi oleh nutrisi dan juga stimulasi dari lingkungan sekitarnya.

Nutrisi yang dibutuhkan bayi pada usia emasnya ini adalah nutrisi yang mengandung banyak protein, karbohidrat dan lemak karena hingga bayi berusia 1 tahun, 60% energi dari makanan bayi akan digunakan untuk pertumbuhan otaknya.

Selain itu, mereka juga membutuhkan vitamin B1, B6, asam folat, yodium, zat besi, seng, AA, DHA, sphyngomyelin, sialic acid, dan asam-asam amino seperti Tyrosine dan Tryptophan. Semua zat-zat yang disebutkan diatas diperlukan untuk meningkatkan kecerdasan bayi, pemusatan perhatian (konsentrasi), mempengaruhi pengendalian diri,  emosi dan perilaku anak.

Zat-zat gizi tersebut bagi anak usia 8 bulan pada umumnya berasal dari:

  • ASI

  • Susu formula dengan kandungan gizi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi dan diperkaya dengan zat besi

  • Makanan semi padat yang telah dimasak dan mulai diperkenalkan kepada bayi secara perlahan lahan. 

 

Dengan asupan makanan lengkap seperti diatas, kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi diharapkan sudah terpenuhi dan bayi tidak lagi membutuhkan vitamin. Umumnya vitamin hanya diberikan kepada anak dengan nafsu makan yang kurang baik, sehingga kebutuhan vitamin dan mineralnya harus dipenuhi dengan cara lain selain lewat makanan sehari-hari.

Jika bayi anda memiliki nafsu makan yang rendah, anda dapat memberikan vitamin tambahan merk apa pun selama memiliki kandungan zat gizi seperti yang telah disebutkan di atas. Bagi bayi berusia dibawah 1 tahun, sebaiknya vitamin diberikan dalam bentuk vitamin tetes atau syrup agar mempermudah bayi dalam mengkonsumsinya. Vitamin sebaiknya diberikan 1x1 hari di pagi hari.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar