Sukses

Memutihkan Gigi pada Gigi Yang rapuh

31 May 2015, 14:41 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok gigi saya rapuh suka gompel kecil2 itu dan itu bikin gigi saya jadi ngilu tapi saya mau memutihkan gigi bleacing, apakah boleh dengan keadaan gigi saya yg rapuh

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih anda telah menggunakan layanan e - konsultasi

Gigi rapuh disebabkan karena berbagai hal. Kerapuhan gigi bisa terjadi karena kualitas email yang kurang baik (kondisi ini dinamakan hipomaturasi email, hipokalsifikasi email, hipoplasia email), ataupun karena adanya karies gigi yang menggerogoti kesehatan jaringan keras gigi.

Akibatnya, email gigi anda tidak memiliki kemampuan yang sama dalam menahan beban pengunyahan seperti layaknya gigi normal. Karena itulah gigi anda gampang sekali rapuh.

Selain itu apabila anda termasuk orang yang gemar mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam, gigi anda akan beresiko mengalami erosi yang berakibat pada penipisan lapisan email gigi. Akibatnya gigi pun akan mudah sekali rapuh.

Saat ini berbagai substansi yang digunakan untuk pemutihan gigi sudah dilengkapi dengan fluoride (untuk memperkuat gigi) dan zat yang berfungsi untuk mengurangi rasa ngilu pasca pemutihan gigi (bisa berupa silver nitrate atau potassium nitrate, dan lain-lain).

Namun, hal tersebut tidak lantas menjamin bahwa post operative sensitivity akan hilang begitu saja. Beberapa pasien masih merasakan ngilu yang teramat sangat, terutara 3 hari setelah dilakukannya prosedur pemutihan gigi. Tetapi anda tidak perlu khawatir, ada suatu gel yang akand iberikan oleh dokter gigi untuk anda ulaskan sendiri di rumah bila anda mengalami keluhan tersebut. Dan setelah anda mendapatkan warna gigi yang anda inginkan, dokter mungkin akan memberikan anda terapi lain untuk mengatasi sensitifitas tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar