Sukses

Sering Kencing, Kulit Alergi

16 Dec 2014, 11:26 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok... sy mau tanya, sya sering sekali buang air kecil... apa penyebab'y? & bgaimana mmghilangkan alergi merah2 dbadan yg sering gatal....?

Bapak/Saudara yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Keluhan Anda adalah buang air kecil yang sering. Berapa banyak buang air kecil dalam sehari? Bagaimana konsumsi cairan Anda? Apakah Anda termasuk banyak minum? Apakah urin disertai pasir atau darah? Apakah Anda memiliki riwayat stroke?

 

Buang air kecil yang sering pada pria, dapat disebabkan oleh beberapa hal:

  1. Infeksi saluran kemih. Keluhan ini biasanya disertai dengan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tidak lampias, atau buang air kecil yang sering namun hanya sedikit-sedikit.
  2. Diabetes. Gejala khas diabetes adalah banyak buang air kecil, sering haus dan sering lapar dan ditunjang dengan kadar gula dalam darah yang tidak normal.
  3. Gangguan pada persarafan. Gangguan pada persarafan kandung kemih dapat menyebabkan gangguan buang air kecil. Hal ini biasanya terjadi pada pasien dengan riwayat stroke.
  4. Overactive Bladder (OAB). OAB ditandai dengan berkemih minimal 3x dalam semalam dan jumlah berkemih mencapai minimal 8x/hari, urinary urgency (keinginan untuk segera berkemih), dan urinary incontinence (tidak dapat menahan berkemih). OAB sendiri memang lebih sering terjadi pada wanita. Faktor risikonya adalah sering melahirkan dan berat badan berlebih.
  5. Pembesaran prostat jinak. Sering terjadi pada pria memasuki usia 50 tahun karena ukuran prostat yang membesar dan menyumbat saluran kencing.

 

Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda, diperlukan beberapa pemeriksaan tambahan. Pemeriksaan yang dapat dilakukan umumnya adalah analisis urin, analisis berkemih, dan USG. Sebaiknya, Anda mengunjungi dokter spesialis urologi.

 

Setelah diketahui penyebab dari keluhan Anda, Anda dapat mendiskusikan dengan dokter Anda, pilihan penanganan yang paling sesuai. 

 

Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Faktor genetik (keturunan) memegang peranan yang sangat penting dalam kasus alergi. Jika kedua orang tua memiliki alergi maka anaknya akan mengalami kecenderungan besar untuk mengalami alergi juga.

 

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Hal yang paling penting dalam penanganan alergi adalah pengenalan akan faktor penyebab dan menghindarinya. Untuk itu, Anda harus meneliti penyebab apa yang membuat kemunculan keluhan Anda, apakah produk kulit yang baru dipakai, makanan atau cuaca seperti apa saja yang menyebabkan Anda alergi dan menghindarinya.

 

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,                                       

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar