Sukses

Nutrisi dan Berat Badan Ibu Menyusui

16 Dec 2014, 12:18 WIB
Wanita, 20 tahun.

assalamualaikum dok , saya Lilis umur 20tahun , semenjak setelah melahirkan berat badan saya naik dok dan perut saya juga buncit , pertanyaan saya bagaimana caranya diet sehat tanpa mengurangi kualitas dan kuantitas ASI dan bagaimana caranya mengecilkan perut yang buncit ? terima kasih dok

 

Ibu yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Salam kami untuk keluarga Anda!

 

Untuk menurunkan berat badan perlu diperhatikan beberapa hal, yaitu pola makan, pola istirahat dan pola olah raga Anda. Bagaimana dengan pola makan/istirahat/olah raga Anda selama ini? Perut yang buncit akan berkurang seiring dengan penurunan berat badan.

 

Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang sehingga tidak mengganggu kesehatan buah hati Anda. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada berat tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

 

Hilangkan keinginan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan.

 

Menurunkan berat badan membutuhkan waktu, kesabaran, dan kedisiplinan. Namun jika Anda melakukannya dengan sepenuh hati dan tepat, maka akan membuahkan hasil seperti apa yang Anda impikan.

 

Karena Ibu sedang menyusui maka asupan nutrisi harus tetap seimbang dan kaya manfaat agar kualitas ASI tetap terjaga.

 

Saat menyusui, Ibu memerlukan tambahan sekitar 400-500 kalori dalam sehari, selain dari kebutuhan kalori dasar Ibu. Untuk itu Ibu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar bervariasi dan dapat memenuhi kebutuhan kalori Ibu.

Jadi makanan seperti apa  yang dibutuhkan Ibu Menyusui?

 

Produk Susu Rendah Lemak

Yogurt, susu, keju atau produk susu lainnya merupakan bahan makanan yang penting untuk Ibu menyusui. Susu dapat menjadi sumber kalsium, vitamin D, protein dan vitamin B. Karena berbagai nutrisi itu terdapat dalam ASI untuk kebutuhan bayi, maka Anda memerlukan asupan tambahan agar kebutuhan Ibu juga tetap terpenuhi. Dianjurkan untuk mengkonsumsi 3 cangkir susu setiap hari untuk Ibu menyusui.

 

Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak mengandung zat besi yang tinggi. Kekurangan zat besi dapat membuat Ibu merasa cepat lelah. Selain itu, daging sapi tanpa lemak juga banyak mengandung protein dan vitamin B12 yang dibutuhkan tubuh Ibu.

 

Kacang

Kacang-kacangan seperti kacang merah merupakan sumber protein nabati yang baik untuk Ibu menyusui.

 

Jeruk

Jeruk dan buah sitrus lainnya merupakan sumber vitamin C dan sumber energi yang baik untuk tubuh Ibu menyusui.

 

Telur

Telur merupakan makanan sumber protein yang baik untuk Ibu menyusui. Sebagai makanan sarapan, makan siang atau makan malam sehingga kebutuhan protein Ibu tercukupi.

 

Gandum

Gandum dan berbagai produk gandum dapat menjadi pilihan makanan Ibu menyusui karena dapat memberikan sumber energi yang dapat bertahan lama ketika Ibu merasa kelelahan karena mengurus serta merawat bayi. Gandum juga berserat tinggi sehingga membantu proses pencernaan Ibu.

 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli banyak mengandung vitamin A. Sayuran hijau juga banyak mengandung vitamin C, kalsium dan zat besi. Rendah kalori dan banyak mengandung antioksidan, sayuran hijau baik sebagai sumber nutrisi untuk Ibu menyusui.

 

Air

Ibu menyusui perlu mengkonsumsi cukup air minum agar status hidrasinya tetap terjaga dengan baik. Pastikan Ibu tetap mengkonsumsi minimal 8 gelas per hari. Susu dan jus buah juga dapat menjadi alternatif sumber asupan cairan. Namun berhati-hatilah dengan kandungan gula yang terlalu banyak karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan berlebihan. Berhati-hati juga dengan konsumsi minuman dengan kafein. Batasi 2-3 cangkir saja per hari agar kandungan kafein dalam ASI tidak sampai menyebabkan gangguan sehingga bayi sulit tidur dan menjadi gelisah. 

 

Berikut judul artikel yang dapat Anda baca untuk menambah informasi mengenai berat badan ideal, cara menurunkan berat badan dan jenis makanan sehat yang dapat Anda coba masukkan dalam menu sehari-hari:

Selamat mencoba dan semoga usaha Anda dalam menurunkan berat badan berhasil. Salam kami untuk buah hati Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar