Sukses

Penanganan Jerawat

16 Dec 2014, 16:49 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok, saya sudah menggunakan krim wajah jerawat selama kurang lebih 5 tahun. setiap kali saya coba berhenti menggunakannya, jerawat saya timbul lagi. Apakah krim jerawat memang membuat kita ketergantungan sehingga tidak bisa berhenti? Padahal saya sangat ingin bisa berhenti bergantung pada krim itu apalagi harganya yang sangat mahal dok. Apa ada solusi lain mengurangi penggunaan krim jerawat, dok?

 

Ibu/Saudari yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  1. Stres

  2. Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.

  3. Kelenjar minyak yang terlalu aktif

  4. Keturunan dari orangtua

  5. Bakteri di pori-pori kulit

 

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. 

 

Kondisi kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stres dan sebagainya.

 

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum. Selain pengobatan juga perlu diperhatikan bagaimana Anda merawat kulit Anda agar jerawat tidak muncul kembali. 

 

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. 

 

Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan  kebersihan wajah.

 

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan:

• Cuci lembut wajah Anda sekali atau dua kali sehari dengan air hangat dan sabun yang lembut atau produk pembersih wajah berjerawat.

  • Cucilah wajah dengan lembut, dengan gerakan berputar. Jangan mencuci wajah dengan menggosok wajah Anda.

  • Selalu bilas kulit Anda dengan bersih setelah Anda mencucinya, dan keringkan dengan lembut dengan menepuk-nepuk. Hindari menggosok dan mengusap kulit Anda dengan kasar.

  • Jika wajah Anda terasa kering setelah dibersihkan, gunakanlah pelembap. Carilah produk perawatan kulit yang memiliki label "noncomedogenic" (non-komedogenik).

  • Mandilah sesegera mungkin setelah aktivitas apapun yang menyebabkan produksi keringat yang banyak, terutama setelah berolahraga.

  • Jagalah agar rambut Anda tidak menempel di wajah Anda. Rambut yang menempel atau menutupi wajah dapat menyebabkan kemunculan jerawat. Jika Anda berambut panjang, jagalah kebersihan rambut Anda dengan mencucinya setiap hari.

  • Cobalah untuk tidak menggosok, memegang-megang, atau memencet jerawat Anda. Hal ini dapat membuat jerawat semakin parah dan dapat menimbulkan bekas.

 

Berikut artikel-artikel kami mengenai "Jerawat":

5 Bahan Alami Mengatasi Jerawat

8 Hal yang Harus Dihindari dalam Perawatan Jerawat

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat

Stress dapat Memperparah Jerawat

Tetap Cantik Kala Berjerawat

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

 

Salam kulit sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar