Sukses

Pengembalian Kesuburan Setelah KB

16 Dec 2014, 15:02 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok, saya wanita menikah yang punya 1 anak. Untuk saat ini, saya lagi program anak. Mulai bulan september 2014 ini saya udah lepas KB. Setelah lepas KB, di bulan September, Oktober haid saya teratur di tanggal yg sama (tgl 15). Kemudian bulan november saya tidak mendapatkan haid, dan bulan desember ini sampai sekarang saya msh blm jg mendapatkan haid saya. Setelah test pack, hasilnya negatif. Yang saya tanyakan, apakah setelah lepas Kb, haid jadi gk teratur? Kapan kembali ke siklus haid yang normal? Terimakasih dok mohon bantuannya.

Ibu/Saudari yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Apakah Anda menggunakan KB Suntik yang 3 bulan atau yang 1 bulan? Jenis KB apa yang Anda gunakan?

Pada pemakaian KB suntik 3 bulan (KB suntikan progestin), siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Rata-rata pengembalian kesuburan setelah pemakaian KB hormonal adalah sama seperti yang telah disebutkan di atas, juga sama dengan pengembalian keteraturan siklus haid.

 

Pengembalian kesuburan tiap individu biasanya berlangsung variatif antara 3-12 bulan.

 

Selama dalam waktu pengembalian kesuburan maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu.

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

 
 
 

0 Komentar

Belum ada komentar