Sukses

ESWL dan Mual Muntah

15 Dec 2014, 21:13 WIB
Wanita, 34 tahun.

ibu saya kemaren ESWL untuk batu ginjalnya,tetapi setelah tindakan dia mengalami mual muntah dan sakit dibagian bawah. apakah hal ini wajar dok?apakah ini efek dari keluarnya batu tersebut melalui saluran kencing?mohon penjelasannya dok,trimakasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada umumnya ESWL tidak menimbulkan keluhan muntah, aoakah Anda pernah mengalami keluhan yang sama sebelumnya? Apakah ada keluhan lambung sebelumnya? Apakah ada nyeri ulu hati yang Anda rasakan?

ESWL (Extracorporeal Shockwave Lithotripsy) yaitu menembak batu dengan gelombang suara yang tinggi. Batu yang ditembak akan pecah dan keluar bersama dengan kencing. Namun, tidak semua batu saluran kencing dapat diterapi dengan ESWL, tergantung ukuran dan letaknya. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter bedah urologi mengenai hal ini. Alangkah baiknya apabila setelah dilaser (ESWL) batu yang keluar dari air seni dianalisis merupakan batu jenis apa sehingga dapat dicari solusi terbaik bagaimana cara menangani berdasarkan jenis batunya. Jenis batu dapat memberikan petunjuk apa penyebab dari batu saluran kencing berulang.

Apabila pernah ada riwayat pernah dilakukan ESWL sebelumnya. Pada pasien yang pernah menjalani ESWL ataupun pembedahan, terdapat risiko untuk mengalami riwayat batu ginjal kembali apabila tidak dilakukan tatalaksana yang optimal (kontrol ke dokter, banyak minum, aktivitas fisik teratur, menghindari faktor risiko batu, dsb), sebanyak ± 50%. Sebaliknya, apabila dilakukan tatalaksana yang optimal baik dengan terapi medis maupun pembedahan, didapatkan angka kekambuhan hanya sekitar 10% atau kurang.  

Saya menyarankan agar istri anda kontrol kembali ke dokter yang mengobati istri anda sebelumnya atau berobat ke dokter spesialis urologi untuk memastikan diagnosis dan mendapatkan tatalaksana yang optimal.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu.

Terimakasih.

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar