Sukses

Pilihan Penanganan Tumor

15 Dec 2014, 14:03 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok sya mau tanya, apakh smua tumor harus d angkat(operasi)?sdangkan sy pernah dengar kata'y ad sejenis tumor yg apabila diangkat akan berbahaya bgi penderitanya... trimakasih

 

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Tubuh secara teratur memproduksi sel baru yang berguna untuk pertumbuhan serta untuk menggantikan sel yang rusak atau yang sakit. Secara normal, sel tumbuh dan berkembang dengan cara yang tetap. Namun, ada pula pertumbuhan yang tidak normal (tidak terkontrol) yang kemudian tampak menjadi “benjolan” yang disebut tumor.

Tumor terdiri dari tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak melewati batas jaringan, tumbuh lamban, bersimpai atau berselaput pembungkus sehingga mudah dioperasi dan diangkat. Sedang tumor ganas atau kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tumbuh cepat, tidak bersimpai, tumbuhnya menyusup ke bagian lain melalui pembuluh getah bening.

Karsinogenesis atau proses terjadinya kanker dimulai dengan perubahan sederhana yang sering kali berubah menjadi tumor jinak dan sebagian akhirnya menjadi tumor ganas atau kanker.

Pengobatan kanker yang umumnya diberikan adalah :

  • Pembedahan atau operasi
  • Kemoterapi (dengan obat – obatan) 
  • Radioterapi (menggunakan sinar radiasi).

Tingkat efek samping kemoterapi bisa berbeda antara pasien yang satu dengan yang lain, tergantung dari ketahanan tubuh masing-masing. Efek kemoterapi sebagai pengobatan kanker yang paling sering terjadi adalah mual-muntah, mielosupresi (menekan produksi darah), kelelahan, rambut rontok dan sariawan. Efek samping terjadi, akibat obat kemoterapi tidak hanya membunuh sel kanker tapi juga sel normal yang ikut membelah cepat. Namun efek samping kemoterapi bersifat sementara, dapat kembali normal setelah kemoterapi selesai.

Berikut hal yang sebaiknya dilakukan saat menjalani kemoterapi:

  • Hindari situasi yang meningkatkan terkena infeksi, seperti orang sakit, orang yang baru vaksinasi, dan keramaian.
  • Untuk mencegah infeksi, biasakan cuci tangan dengan sabun antiseptik dan air mengalir sebelum makan.
  • Makanlah hanya makan yang telah dimasak matang, dan jika ingin mengkonsumsi sayuran mentah, cucilah lebih bersih dan bilas dengan air matang. Hindari makanan atau minuman yang merangsang mual.
  • Kurangi olah raga berat
  • Makan cukup yang mengandung besi seperti sayur hijau, hati.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar