Sukses

Penanganan Ganglion

17 Dec 2014, 18:30 WIB
Pria, 22 tahun.

Ijin dok mau tanya, ganglion pada daerah carpus cukup diaspirasi pake spuit atau harus dilakukan pembedahan ? Trimakasih

Terimakasih atas kepercayaannya.

Izinkan kami menjelaskan tentang penanganan dari Kista Ganglion. Kista ganglion berasal dari pembengkakan yang terjadi di sekitar sendi atau tendon tangan dan kaki, paling sering ditemukan pada pergelangan tangan dan jari. Kista ini jinak dengan ukurannya yang bervariasi, dapat terlihat membesar namun tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Seperti namanya, kista ganglion terbentuk atas kantung kista dan isinya berupa cairan kental dan jernih.

Oleh karena sifatnya yang jinak, terapi umumnya dilakukan karena pertimbangan kosmetik. Beberapa terapi yang dapat dipilih antara lain:

1. Aspirasi cairan kista dengan jarum.

Cairan kista dikeluarkan dengan jarum, terkadang diikuti dengan injeksi steroid atau sclerosing agent. Bagaimanapun, tidak semua cairan kista yang kental dapat dikeluarkan melalui jarum tersebut. Dan oleh  karena kantung kista masih ada, kemungkinan timbul kista kembali mencapai 50-60%.

2. Pembedahan

Terapi kista ganglion dengan metoda pembedahan mengangkat cairan berikut kantung kista, sehingga kecil kemungkinan kista tersebut dapat timbul kembali (5-10%). Mengingat lokasi dan prosedurnya yang minimal, jenis anestesi yang digunakan adalah dengan anestesi lokal.

3. Elektroakupuntur

Terdapat satu sumber yang menyebutkan bahwa metoda elektroakupuntur dapat menurunkan risiko kekambuhan pada tahun pertama setelah terapi. Bagaimanapun, belum ada penelitian yang membuktikan efektivitas terapi tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa terapi yang terbaik adalah dengan pembedahan, terutama bila kista tersebut menimbulkan berbagai keluhan seperti baal atau kesemutan pada tangan anda. Sebagai alternatif dapat dipilih terapi dengan akupuntur., namun ada baiknya bila anda mendiskusikan hal ini dengan dokter spesialis bedah anda terlebih dahulu sebelum memutuskan.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu.

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

0 Komentar

Belum ada komentar