Sukses

Penyebab Bintik Putih Penis

17 Dec 2014, 18:29 WIB
Pria, 18 tahun.

dok kepala penis saya ada bintik bertawna putih,tidak berbau,tidak sakit, tidak berair apakah itu berbahaya dok?

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sejak kapan bintik tersebut keluar? apakah ada gejala lain seperti demam, bengkak, dan sebagainya? Apakah Anda sudah disunat ?

Bintik keputihan yang ada pada penis dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Secara fisiologis bercak keputihan pada penis bisa menjadi sisa dari pengeluaran cairan terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi. Selain itu, pada pria yang belum disunat,  dapat terjadi penumpukan cairan lengket di kulup (frenulum) penis, yang merupakan hasil dari pengelupasan kulit dan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih, dan bercak ini disebut smegma. Seharusnya smegma atau bercak putih ini bisa menghilang dengan pembersihan dengan sabun.

Bintik-bintik putih tersebut dapat merupakan kelenjar sebasea pada folikel rambut (kantung tempat tumbuh rambut) di kulit dan folikel rambut ini memang dapat ditumbuhi rambut.
 
Sebaiknya bintik-bintik ini tidak ditekan atau dipecahkan karena dapat memicu terjadinya peradangan dan infeksi. Jika bintik-bintik tersebut tidak mengganggu maka sebaiknya dibiarkan saja.
 
Namun jika muncul keluhan gatal yang terkait dengan konsumsi makanan tertentu maka dapat juga terjadi reaksi alergi di daerah skrotum. Penanganan alergi yang terutama adalah dengan melakukan penghindaran terhadap bahan-bahan yang menyebabkan alergi.
 
Jika keluhan mengganggu maka kami sarankan Anda mengunjungi dokter secara langsung untuk pemeriksaan secara langsung terhadap keluhan Anda. Kami sertakan juga artikel:

 "9 Penyebab Bintik pada Penis"  ,

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar