Sukses

Penanganan Demam Anak

17 Dec 2014, 19:59 WIB
Pria, 25 tahun.

slmt pagi dok. anak sya, umr 4 tahun, BB : 22 kg, pans naik turun sdh 5 hari smpat muntah jg pada hari ke 2 sblmnya sya hnya berikan PCT 500 mg 1/2 tablet, pada hari ke 5 di bawah priksa DDR hasilya negtf kemudian dktr mnambahkan antibiotik cefadroxil 500 mg 2x1 kap. apkh dosisnya itu sdh tepat untuk ank sya atw justru lebih? mohn penjelasan

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dosis dari Cefadroxil cukup bervariasi tergantung dari jenis penyakitnya. Untuk infeksi tenggorokan adalah 30 mg per kg per hari. Dosis ini kemudian dibagi menjadi dua kali pemberian.Untuk infeksi yang lebih berat dapat diberikan dengan dosis 50 mg/kg/ hari. Namun tidak disarankan lebih dari 2 gram per hari. Izinkan kami menjelaskan tentang demam.

Suhu normal manusia adalah sekitar 36,5-37,5 oC. Suhu anak Anda yang sudah mencapai 39 oC harus diwaspadai karena artinya demam tinggi dan harus segera diturunkan dengan cara apapun. Hati-hati karena demam tinggi dapat menyebabkan kejang pada anak. Selain mencoba menurunkannya dengan parasetamol, Anda juga dapat mengompres seluruh badannya (tidak hanya kepala) dengan air hangat. Namun, kompres harus diperas dan direndam di air hangat kembali secara teratur. Tidak boleh hanya ditinggal begitu saja karena jika ditinggal terlalu lama akan menjadi dingin. 

Apabila demam tidak berhasil diturunkan, sebaiknya segera bawa ke dokter umum atau spesialis anak terdekat. Karena demam dapat disebabkan oleh adanya infeksi pada tubuh, sehingga dibutuhkan pemeriksaan secara langsung. Beberapa penyebab demam diantaranya infeksi telinga, tenggorokan, demam berdarah, infeksi di paru maupun usus. Untuk membantu menegakkan diagnosis, dokter akan memeriksa darah anak Anda pada hari ke-3 demam. Pada kasus Anda, saat ini demam sudah memasuki hari ke-3, jika tidak berhasil diturunkan sebaiknya segera bawa ke dokter.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar