Sukses

Gigi Kuning dan Karang Gigi

21 Apr 2015, 22:59 WIB
Wanita, 20 tahun.

Sya ada masalah dngn gigi sya dari kecil gigi sya udah kya karang gtu kuning . Kdng gigi sya bsa lupas sndri kuning"ny

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Plak pada gigi yang tidak dibersihkan akan mengeras menjadi karang gigi.  Mencegah terjadinya pembentukan karang gigi adalah dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi. Menyikat gigi 2 kali sehari dengan metode yang benar adalah hal yang mutlak dalam menjaga kebersihan gigi dan mencegah terbentuknya karang gigi. Pembersihan karang gigi harus dilakukan, karena karang gigi yang dibiarkan dalam mulut dan tidak dibersihkan menyebabkan terjadinya keradangan gusi dan kemudian berlanjut pada tahap yang lebih parah yaitu keradangan jaringan pendukung gigi yang dapat menyebabkan goyangnya gigi dan selain itu karang gigi juga merupakan tempat bakteri berkembangbiak. Dimana biasanya gusi menjadi turun tetapi tidak menyebabkan timbulnya celah pada gigi. Gigi bisa menjadi sensitif karena gusi yang turun tadi akan mengekspos bagian akar gigi dimana pda bagian ini lebih sensitif terhadap rangsangan tertentu.

Pembersihan karang gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic, dimana alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi, dengan cara penggunaan yang benar dan tepat sesuai petunjuk pemakaian, alat ultrasonic  ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akar.

Perubahan warna gigi ada yang intrinsik (dari dalam tubuh) dan ekstrinsik (dari faktor di luar tubuh). Makanan dan minuman seperti kopi, teh, wine serta kebiasaan  merokok dapat meyebabkan perubahan warna pada gigi, konsumsi obat antibiotik jenis tetrasiklin pada masa kanak-kanak atau pada ibu hamil juga menyebabkan terdapatnya perubahan warna yang cukup berat pada gigi.

Berikut artikel yang dapat Anda baca

Plak dan Karang Gigi

Pembersihan Karang Gigi Merusak Email?

Gusi Berdarah karena Karang Gigi

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar