Sukses

Jari Membulat

23 Dec 2014, 16:19 WIB
Wanita, 24 tahun.

selamat sore dokter, saya mau menanyakan masalah penyakit clubing finger.. kk saya laki-laki berumur 28 tahun, beberapa bulan terakhir kk saya sering merasakan sesak di dada nya dan semua persedian terasa sakit : pergelangan lutut dan mata kaki, serta di ikuti dengan perubahan bentuk jari kuku yang membesar seperti membulat, awal nya kk saya mengkonsultasikan penyakitnya ke dokter di slah satu rumah sakit di plg. diagnosa terkena clubing finger untuk mengetahui penyebabnya akhirnya kakak saya melakukan eco jantung dan scan paru2... tapi setelah hasil eco jantung dan paru2 keluar semua dinyatakan baik2 saja... sampai dengan saat ini blm ada tindak lanjut utnk penyakit kk sy ini... yang saya mau tanyakan : apakah kk saya betul2 terkena pnyakit clubing finger? apa penyebab dari penyakit ini dok ? dan apakah penyakit ini dapat di sembuhkan ? dengan cara apa ? trimakasih,

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kegelisahan yang saat ini Anda rasakan. Jari tabuh atau clubbing finger adalah kelainan bentuk jari dan kuku tangan yang menjadikan jari tangan dan kaki membulat yang umumnya berkaitan dengan penyakit jantung dan paru-paru.

Penyebab terjadinya clubbing finger adalah penambahan jaringan ikat yang terjadi pada bagian jaringan lunak di dasar kuku yang berkaitan dengan kekurangan oksigen kronik/hipoksia kronik.

Jari-jari tabuh terjadi karena adanya sianosis jangka lama. Sianosis menujukkan bahwa kurang kadar oksigen. Hal ini terjadi di jari-jari sebab terdapat pembuluh darah perifer atau pembuluh darah tepi. Kurangnya kadar oksigen di perifer khususnya di jari-jari merangsang otak untuk melebarkan pembuluh darah di jari-jari. Dilatasi/pelebaran pembuluh darah ini bersifat permanen yang mengakibatkan jari-jari tabuh.

Meskipun mekanisme terjadinya jari tabuh tidak jelas, tampaknya keadaan ini timbul sekunder akibat adanya substansi (kemungkinan humoral) yang menyebabkan dilatasi pembuluh-pembuluh darah pada ujung jari tangan.

Cara mengetahui clubbing finger :

  1. Temukan kedua jempol tangan pada bagian punggungnya.
  2. Pada jari normal, antara pangkal kuku dapat bertemu. Tetapi pada clubbing finger pangkal kuku tidak dapat bertemu membentuk sudut 165 derajat.

Tanda-tanda clubbing fingers yaitu :

  1. Setiap jari membulat dan mengembung (adanya penebalan pada seluruh distal jari tangan).
  2. Bantal kuku menjadi cembung dan melengkung.
  3. Ketika di palpasi terasa seperti busa.
  4. Perubahan sudut antara kuku dan dasar kuku lebih dari 180 derajat (sudut kuku normal 160 derajat).
  5. Timbul aspek mengkilap pada jari dan kulit.

Selain akibat gangguan pada jantung dan paru, kelainan ini dapat juga disebabkan oleh gangguan saluran cerna (Malabsorbsi, Penyakit Chron, Sirosis, Sindroma hepatopulmoner sebagai komplikasi dari sirosis) atau hipertiroidisme.

Untuk itu, Kami sarankan Anda kembali berkonsultasi kepada dokter yang telah merawat sebelumnya untuk mengetahui langkah selanjutnya dalam penatalaksanaan keluhan kakak Anda tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar