Sukses

Cara Penyimpanan Obat

16 Apr 2015, 09:03 WIB
Wanita, 27 tahun.

Siang dok,saya mau tanya kalo untuk obat sirup untuk anak2 apa masih boleh digunakan berulang kali kalo kemasannya sdh dibuka,contohnya spt obat demam,krn masa kadaluwarsanya masih lama,ada yg bilang setelah kemasan dibuka obat tidak boleh digunakan lagi walau expired date nya masih lama,dan obatnya dimasukan kulkas gitu,gimana ya dok sebaiknya,trimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Obat sirup, seperti obat demam anak, yang telah dibuka kemasannya dapat digunakan hingga satu bulan, asalkan penyimpanannya baik dan benar. Memang benar terdapat beberapa jenis obat yang perlu disimpan pada lemasi pendingin, karena dibutuhkan suhu yang rendah agar obat tidak rusak. Namun pada umumnya obat dapat disimpan pada suhu ruangan.

Cara penyimpanan dan Umur obat berbeda-beda pada tiap jenis obatnya. Beberapanya dapat dicantumkan pada kemasan obat itu sendiri, atau anda dapat menanyakan lebih lanjut kepada apoteker saat anda membeli obat tersebut.

Untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai obat lainnya, anda dapat menggunakan fitur CARI OBAT pada kolom direktori kami.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar