Sukses

Gangguan Pencernaan

16 Dec 2014, 13:48 WIB
Wanita, 24 tahun.

selamat pagi dokter, saya mau bertanya dokter mengenai penyakit asam lambung yang saya derita yang sudah sekitar 5 bulan semenjak muncul, saya sudah berobat ke dokter spesialis, dan sudah cek darah dan diagnosa saya terkena asam lambung dan gejala tipus, saya sudah menjaga pola makan tapi penyakit ini masih sering kambuh, semenjak saya menderita penyakit ini kondisi fisik saya begitu lemah saya mudah terinfeksi penyakit lain seperti demam, pusing, lemas disertai mudah lelah, setelah itu sembuh penyakit lain muncul batuk, ada juga kemaren kaki saya terasa ngilu sampai saya tidak bsa tidur tetapi sekarang penyakit kaki ini sudah sembuh, hanya saya demam yang masih sering saya derita, itulah yang saya rasa selama 5 bulan terakhir ini dokter tidak ada kondisi fisik saya yang benar-benar fit. apakah sebenarnya sakit yg saya derita dokter? apakah memang hanya asam lambung n gejala tipus? kenapa penyakit ini terlalu lama sembuhnya? dan apakah penyakit asam lambung ini bisa sembuh total? terima kasih dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sulit bagi kami untuk mengetahui apa yang terjadi pada Anda, tanpa didahului wawancara medis, pemeriksaan fisik dan penunjang yang memadai. Peningkatan asam lambung meliputi banyak hal dan sangat terkait dengan gaya hidup. Mereka yang memiliki berat badan berlebih dan mengkonsumsi rokok secara aktif memiliki risiko lebih tinggi terserang gangguan ini.

Berikut adalah saran yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi gangguan asam lambung yang Anda miliki :

  1. Hindari rokok dan asap rokok
  2. Hindari stress
  3. Olahraga selama 30 menit dengan frekuensi minimal 3 kali seminggu
  4. Tidur cukup dengan durasi minimal 8 jam per hari
  5. Makan sedikit tapi sering. Frekuensi makan dapat ditingkatkan hingga 6 kali sehari, dengan pembagian 3 kali makan besar, 3 kali makan kecil (snack)
  6. Jangan konsumsi apapun dalam durasi 4 jam sebelum tidur
  7. Jangan berbaring setelah makan
  8. Hindari alkohol, kopi, cokelat, tomat, bawang, makanan berlemak, atau pedas
  9. Jangan kenakan pakaian ketat, terutama yang menekan bagian perut
  10. Hindari konsumsi obat-obatan golongan nitrat, antikolinergik, antidepresantrisiklik dan NSAID tanpa petunjuk Dokter, dan selalu informasikan Dokter Anda bila Anda memiliki gangguan asam lambung.

Jaga pula kebersihan makanan yang Anda konsumsi dan rajinlah mencuci tangan agar tidak demam typhoid tidak mudah menyerang.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan menyeluruh untuk mendapatkan diagnosa tepat beserta tata laksana terbaik sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar