Sukses

Sakit Kepala Saat Dingin

11 May 2015, 18:29 WIB
Pria, 18 tahun.

Selamat pagi Dok. Saya ingin tanya, kenapa kepala saya jadi pusing ketika cuaca sedang dingin, atau setelah habis mencuci menggunakan air dingin dan badan saya suka lemas. Mohon bantuannya? Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Alergi pun terkadang dapat meyebabkan nyeri kepala. Saraf terjepit biasanya disebabkan oleh banyak mekanisme misalnya oleh proses penuaan, trauma, dan banyak lagi. Sebaiknya memang bila benar Anda merasa nyeri kepala dengan udara dingin, coba mencari solusi hal tersebut seperti penggunaan selimut. Bila sangat nyeri Anda dapat mengkonsumsi obat anti-nyeri seperti paracetamol.

Apabila dengan obat pereda rasa nyeri, sakit kepala tidak berkurang atau justru frekuensinya semakin meningkat apalagi disertai dengan gejala lain seperti pingsan dan gangguan keseimbangan, maka kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis saraf karena dikhawatirkan ada penyebab lain dari sakit kepala tersebut. Mengenai apa pemeriksaan penunjang yang sekiranya diperlukan tergantung hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter yang memeriksa anda langsung.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Sering Pusing, Tengkuk Kaku & Mudah Lupa?

Pusing Abis Makan? Ini Sebabnya

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar