Sukses

Flek Coklat Pada Ibu Hamil

16 Dec 2014, 13:23 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya sedang hamil pertama dgn usia kandungan 6weeks.. sudah periksa ke dokter kandungan dan di USG kantung janin nya sudah terlihat.. belakang ini hampir 4hari saya mengeluarkan flek coklat dalam jumlah sedikit.. yg mau saya tanyakan.. apakah flek hamil di usia muda berbahayakah?? Padahal saya sudah dikasih obat penguat dan asam folat nya.. minum susu hamil nya pun tdk pernah terlewat..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Flek-flek berwarna coklat kehitaman merupakan gambaran yang menunjukkan adanya perdarahan ringan pada sistem reproduksi. Penting untuk diketahui bahwa semua bentuk perdarahan yang keluar dari kemaluan wanita (vagina) yang sedang dalam kondisi hamil perlu mendapatkan perhatian lebih. Flek-flek tersebut bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya masalah serius dan berbahaya bagi kehamilan Anda. Namun, memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah:

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah
  • Keguguran 
  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)
  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang
  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri
  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan kondisi ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan agar mendapatkan tata laksana yang sesuai.

Semoga penjelasan ini dapat diterima.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar