Sukses

Radang Tenggorokkan

16 Dec 2014, 12:38 WIB
Wanita, 29 tahun.

misi apa kl rqadang tenggorong pasti demam dan sakit saat menelah ?selama ini sya seringg ganguan di tenggorok kl priksa ada radang/kt dokter tp tidak ada keluhan tsb jad cman tenggorok g enak kdang bdan g enak shg sulit menganalisa radang tenggorok sya sdh sembuh atau belum

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Rasa tidak nyaman di tenggorokan disertai demam, batuk/pilek, gatal di tenggorokan dapat disebabkan oleh radang/infeksi tenggorokan. Mengatasi radang tenggorokan tidaklah sulit, pastikan Anda beristirahat yang cukup, banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup dan minum vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng, mengurangi atau menghindari asap rokok.

Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur. Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain. Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Faringitis dapat merupakan suatu kondisi yang berdiri sendiri atau merupakan bagian dari gejala penyakit lain.

Kami sarankan Anda untuk konsultasi ke Dokter agar dilakukan pemeriksaan secara langsung karena diagnosa sulit untuk ditegakkan tanpa pemeriksaan fisik dan penunjang yang memadai. Apabila Anda memang sering mengalami sakit batuk-pilek (3x/tahun atau lebih), kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke Dokter Spesialis Telinga - Hidung - Tenggorokkan guna pemeriksaan fisik dan evaluasi lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar